Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 17 Maret 2019 / 12:22 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusunawa di Magelang dan Temanggung

MAGELANG, KRJOGJA.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Khusus (Rusus) yang ada di Kota dan Kabupaten Magelang serta Kabupaten Temanggung, yang peresmiannya dipusatkan di halaman Rusunawa Kelurahan Wates Kota Magelang, Sabtu (16/3/2019).

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, didampingi anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ir Sujadi, Wakil Walikota Magelang Dra Windarti Agustina maupun lainnya. Penandatanganan prasasti peresmian juga dilakukan, demikian juga peninjauan ruang rusunawa yang ada di wilayah Kelurahan Wates Kota Magelang ini.

Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Walikota Magelang diantaranya mengatakan peresmian ini menandai difungsikannya proyek yang ditujukan sebagai solusi kebutuhan hunian masyarakat yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Perumahan rakyat dan kawasan permukiman memang merupakan urusan wajib pemerintah daerah yang berkaitan dengan pelayanan dasar. "Bagi Pemerintah Kota Magelang sendiri, menjadi komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat," katanya. 

Rusunawa di Kelurahan Wates ini dibangun dengan kualitas baik, bahkan dengan spesifikasi layaknya kondominium untuk kalangan masyarakat menengah ke atas. "Saya melihat rusunawa ini megah, mirip kondominium atau flat untuk masyarakat menengah ke atas. Lantainya bukan keramik, tetapi granit yang mudah dibersihkan, tidak mudah tergores," kata Wakil Walikota Magelang.

Rusunawa Wates dibangun sebanyak 1 tower, yang terdiri dari 4 lantai, berisi total 58 unit masing-masing type 36. Rusunawa ini bisa mampu menampung 58 kepala keluarga (KK) dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk harga sewa bervariasi, berkisar Rp 300.000-Rp 350.000/unit/bulan.

"Untuk itu kami berpesan kepada bapak dan ibu penghuni rusunawa maupun rusus, supaya menjaga, merawat huniannya masing-masing layaknya rumah sendiri, dan diharapakan menjadi berkah bagi banyak orang," kata Walikota Magelang. (Tha)