DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 17 Maret 2019 / 01:11 WIB

UMKM Yogyakarta Siap Naik Level Tingkat Dunia

YOGYA, KRJOGJA.com - UMKM Yogyakarta sebagai salah satu UMKM binaan PT. HM Sampoerna. Tbk siap memasarkan produknya di tataran internasional. Capaian ini didapat melalui pendampingan yang diberikan oleh International Labour Organization (ILO) dalam rangka mengembangkan UKM dan menciptakan lapangan kerja.
 
"Program ini menggunakan metode SCORE PLUS yang memiliki manfaat untuk mengakselerasi pendampingan UKM", jelas Januar Rustandie selaku Program Manager SCORE dan ILO dalam sambutannya di Taman Budaya Yogyakarta Sabtu, (16/03/2019).
 
Pendampingan UKM ini merupakan program tanggung jawab sosial 'Sampoerna untuk Indonesia'  bekerjasama dengan Business & Export Development Organization (BEDO) dalam memberikan pembekalan pengembangan usaha melalui program Sustaining Competitive & Responsible Enterprises (SCORE) kepada lebih dari 100 pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM).
 
"Baru pertama kali ini dari 100-120 yang selama ini  kita bina, Yogyakarta melampaui dari jumlah UMK yang ditargetkan. Melihat hasil produknya dan semangatnya, UMKM di Yogyakarta siap masuk pasaran internasional. Apalagi jumlah yang mengikuti pelatihan paling banyak dan paling antusias dibandingkan lainnya", ungkap CSR Regional Center PT  HM Sampoerna.Tbk Indonesia yang merupakan perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek.
 
Tidak hanya Yogyakarta, penerimaan manfaat lainnya juga berasal dari UKM Rembang dan Pasuruan. Total UKMdari masing-masing daerah secara berturut-turut yaitu 60, 20, 20 UMKM.
 
"UKM yang telah kita bantu semoga bisa menularkan dan membantu UKM- UKM lainnya, agar bersama dapat berkembang menjadi usaha menengah dan atas", tutup Januar Rustandie. (KRA-10)