DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 16 Maret 2019 / 22:10 WIB

Resmi Dibuka, 562 Atlet Bertarung di Kejuaraan Taekwondo Rahmi Kurnia I

BANTUL, KRJOGJA.com - Sebanyak 562 taekwondoin dari 46 dojang asal Jateng, Jabar, Kaltim, Bengkulu, DIY dan daerah lainnya ikut memeriahkan penyelenggaraan Kejuaraan taekwondo bertajuk '1st Rahmi Kurnia Championship I tahun 2019'. Event yang dibuka Ketum KONI DIY Prof Dr Joko Pekik Irianto MKes AIFO tersebut akan berlangsung selama dua hari, di Balai Lantip Akakom, Banguntapan, Bantul,Sabtu-Minggu (16-17/3). 

"Kita sebenarnya dalam event pertama ini hanya mematok target sebanyak 500 peserta, tapi karena banyaknya permintaan kita beri toleransi sebanyak 62 peserta lagi. Sehingga total jumlah peserta sebanyak 562 peserta," kata penanggungjawab  panitia sekaligus penggagas event Rahmi Kurnia SE kepada <I>KR<P>, Sabtu (16/3).

Sementara itu, panpel Bayu Prastokuncoro SPd menambahkan, kejuaraan ini mempertandingkan kategori cadet prestasi putra-putri, junior prestasi putra-putri dan junior pemula putra-putri. "Yang untuk kategori pemula disesuaikan umur dan berat badan. Dibatasi usia 17 tahun dibuktikan dengan akte kelahiran SD, SMP dan SMA," papar Bayu.

Ditambahkan, kegiatan ini memperebutkan juara umum, memilih pemain terbaik untuk kelompok kadet prestasi putra-putri, dan kelompok prestasi junior putra-putri. Pada hari pertama, Sabtu (16/3), sejumlah partai pertandingan sudah dimainkan, di antaranya kelompok junior under 59kg putri. Yaitu, I. Dewi Yudanti (dojang BNTA), II. Novita (dojang Binangun) dan III. Devita D (Binangun).

Sedangkan dojang Kalingga Taekwondo Club (KTC) yang dirintis tahun 2015  di Balai desa Argomulyo Sedayu Bantul, dalam event taekwondo Rahmi Kurnia pertama ini menurunkan 45 atlet. "Dari 45 tsekwondoin itu, terdiri 6 atlet cadet prestasi, 39 atlet pemula dengan rincian 30 atlet kyorugi dan 9 atlet poomsae," ungkap Joko Susilo SE (DAN IV Kukkiwon) selaku coach dojang Kalingga. (Rar)