Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 17 Maret 2019 / 11:53 WIB

Ikuti Perkembangan Ilmu Komunikasi, Unissula adakan Talkshow Jurnalistik

SEMARANG.KRJOGJA.com - Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Ir H Prabowo Setiyawan MT PhD dan Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula Hartono SS MPd membuka "Talkshow Jurnalistik, Industri Media dan Praktik Jurnalistik di Era Digital' yang diselenggarakan FBIK di kampus Kaligawe, Kamis (14/3/2019). Talkshow menghadirkan dua narasumber Dr Teguh Hadi SS MM dan Elba Damhuri. 

Menurut Rektor, saat ini Unissula mengembangkan sayap dengan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. Tujuannya agar terjadi peningkatan SDM dosen serta kualitas lulusan Unissula makin kompetitif dan kompeten.

"Jurnalis punya peran penting serta punya posisi strategis dalam kehidupan berbangsa sehingga posisinya harus netral serta menyuarakan yang seharusnya disuarakan. Jurnalis harus berjalan di jalan yang lurus, kalau tidak maka semuanya akan menjadi rugi. Pengaruh media sangat luar biasa, belakangan bisa dilihat pada proses pilgub DKI yang dimenangkan Jokowi, juga saat pilgub yang dimenangkan Anies. Ilmu komunikasi terus berkembang sehingga kampus juga sebaiknya mengikuti perkembangan ilmu tersebut" ujar Rektor.

Lebih lanjut menurut Rektor, kemampuan berkomunikasi seseorang sangat menunjang kesuksesan karir orang tersebut, terkadang kemampuan di bidang ilmu ada di urutan setelah kemampuan komunikasi. Banyak orang pandai di bidang keilmuan masing masing tetapi seringkali mereka kurang mampu berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dengan baik sehingga kalah dibandingkan orang yang ilmunya tidak terlalu sangat tinggi namun kemampuan komunikasikasinya sangat baik.

Sementara itu Kaprodi Ilmu Komunikasi Mubarok SSos MSi menyatakan pentingnya Unissula menggelar berbagai forum seminar, diskusi, FGD atau sejenis dengan mendatangkan nara sumber di bidang media agar mahasiswa semakin memiliki pengetahuan dan skill sesuai ilmu komunikasi yang digeluti mereka. Juga sebagai ajang up date praktik ilmu komunikasi di lapangan kerja secara riil.

FGD ditandai pula dengan penandatangan kerjasama antara rektor Unissula dengan sejumlah institusi media massa nasional. (sgi)