Jateng Editor : Ivan Aditya Sabtu, 16 Maret 2019 / 12:14 WIB

UNS Beri Penghargaan Kepada Pakoe Boewono XII

SOLO, KRJOGJA.com - Setelah lama tertunda, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akhirnya melunasi niatnya dalam memberikan penghargaan dan tanda jasa Parasamya Anugraha Dharma Krida Widyatama dharma Budhaya kepada mendiang Sinuhun Pakoe Boewono XII. Penghargaan yang diserahkan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS diterima putra putri Raja Kasunanan dari isteri KRAy Pradapaningrum.

Diantaranya ada KGPH Poeger, KGRAy Koes Moertiyah dan KGRAy Koes Supiyah. Penyerahan dilangsungkan secara khusus sebelum menggelar pementasan wayang kulit oleh dalang Ki Manteb Sudarsono dalam rangka dies natalis 43 UNS, Jumat (15/03/2019) malam.

Prof Ravik menyatakan PB XII dinilai telah berjasa yang luar biasa dalam bidang pendidikan, dan kebudayaan, khususnya budaya Jawa. "Sinuhun PB XII menurut kami telah berjasa luar biasa terhadap UNS. Beliau sangat perhatian pada pendirian UNS yang diresmikan  Presiden Soeharto pada tpada 11 Maret 1976, di Pagelaran Keraton Surakarta," jelasnya.

Sementara KGPH Puger, mewakili keluarga menyatakan berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari UNS kepada PB XII. Dirinya berharap hal itu bisa menjadi suri teladan bersama, khususnya dalam hal pengembangan pendidikan dan kebudayaan Jawa. (Qom)