DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 16 Maret 2019 / 10:12 WIB

Saluran Sekunder Kedundang Dikeringkan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Di saat para petani memasuki panen padi, dilakukan pengeringan saluran irigasi sekunder Kedundang. Pengeringan saluran diperkirakan tidak sampai mengganggu jadwal menanam padi kedua di areal persawahan golongan 2.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kulonprogo, Hadipriyanto dan Kepala Seksi Bina Manfaat Kuntarso menyampaikan, pengeringan saluran irigasi sekunder Kedundang sebagai tindak lanjut hasil keputusan bersama dalam pertemuan rutin yang diselenggarakan setiap 15 hari oleh pengurus Gabungan Paguyuban Petani Pemakai Air (GP3A) se-Kulonprogo.

“Pengeringan saluran irigasi sekunder Kedundang tidak dipermasalahkan oleh para petani. Memasuki masa panen tanaman padi tidak lagi banyak membutuhkan air,” ujar Hadipriyanto.

Kuntarso menjelaskan pengeringan tersebut untuk keperluan pekerjaan perbaikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) Yogyakarta. Di sepanjang saluran sekunder Kendundang banyak kerusakan yang perlu segera mendapatkan penanganan.

Menurutnya, pengeringan saluran dijadwalkan berlangsung mulai Jumat (15/03/2019) sampai Minggu (31/03/2019). Sementara air dari saluran tersebut diarahkan ke irigasi sekunder Pekik Jamal yang masih membutuhkan air untuk pertanian.

“Mulai 1 April 2019 air akan dialirkan kembali ke saluran irigasi sekunder Kedundang. Pekerjaan dasar dan tebing saluran ditargetkan sudah selesai karena petani membutuhkan air untuk pengolahan lahan persiapan tanam padi kedua,” ujar Kuntarso.

Petugas Operasional dan Pemeliharaan (OP) Saluran Induk Kalibawang, Timbul menjelaskan air yang dialirkan ke saluran irigasi sekunder Kedundang bersumber dari saluran induk Kalibawang. Menurutnya, bersamaan pengeringan saluran irigasi Kedundang telah mengurangi volume debit air saluran induk Kalibawang di Bendung Serang. Pengurangan debit air tersebut disesuaikan kemampuan di saluran irigasi sekunder Kedundang. (Ras)