Jateng Editor : Ivan Aditya Sabtu, 16 Maret 2019 / 06:13 WIB

Fakultas Pertanian UNS Mafaatkan Kawasan Gunung Bromo

SOLO, KRJOGJA.com - Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo Karanganyar yang diserahkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai dimanfaatkan Fakultas Pertanian. Langkah awal yang dilakukan menjalin komunikasi dengan para petani sekitar yang selama ini telah menggarap lahan di kawasan hutan.

"Mereka akan kami kumpulkan untuk mensosialisasikan program UNS dalam menggarap KHDTK Gunung Bromo. Kedepan biar bisa bergembang sesuai planning," jelas Prof Dr Bambang Pujiasmanto, dekan Fakultas Pertanian yang didampingi Achmad Pramono (ketua panitia) dan Rendy Kunto, Jumat (15/03/2019).

KHDTK Bromo yang diserahkan UNS sekitar 122 hektar. Kawasan ini selain untuk penelitan dan pengabdian, juga sebagai kampus Kehutanan dan Lingkungan serta Peternakan. Pada langkah awal FP ingin meningkatkan pendapatan petani. "Kami mengembangkan budidaya lebah madu di sana," tambahnya.

Budidaya lebah madu untuk warga di desa Gedong dan Delingan. "Seperti yang dilakukan UGM, dalam pengeloaan hutan, kami juga siap mengembangkan aneka bibit termasuk bibit jati. Karena bibit jati masih sangat dibutuhkan," ujar Bambang.

Sebagian kawasan hutan juga untuk pengembangan tanaman obat. Kebetulan Balai Penelitian Tanaman Obat telah menggunakan lahan di KHDTK Bromo. Sosialisasi dan pengabdian masyatakat dalam rangka dies natalis UNS akan dilaksanakan Sabtu (16/03/2019). (Qom)