Olahraga Editor : Ivan Aditya Jumat, 15 Maret 2019 / 20:55 WIB

PSS Dipaksa Persija Takluk

SLEMAN, KRJOGJA.com - PSS dipaksa menyerah 0 - 2 atas tamunya Persija Jakarta di partai terakhir grup D Piala Indonesia 2019 yang digelar di Stadion Maguwiharjo, Jumat (15/03/2019) malam. Dua gol dari Bruno Matoz mengandaskan peluang menang PSS di hadapan puluhan ribu pendukungnya.

Kedua tim bermain menyerang sejak wasit Handri Kristanto meniup peluit pertandingan dimulai. Persija yang tampil dengan skuad utama terlebih dahulu mengancam melalui sepakan Escobar yang sepakannya menyamping gawang Ega Rizky.

PSS membalas melalui sepakan kaki kiri Nerius Alom. Sayang sepakan pemuda Papua tersebut tipis di samping kiri gawang Persija yang dikawal Shahar Ginanjar.

Peluang berbahaya tercipta untuk PSS menciptakan peluang berbahaya saat sundulan Nerius Alom mengenai bek Persija dan berubah arah. Tipis, bola bergulir setengah meter dari gawang Shahar dan tak mengubah skor 0 - 0.

PSS sedikit terlihat lebih dominan di paruh pertama ini. Terlihat kembali saat menit 39, KH Yudo mengancam dengan sepakan jarak dekat usai menang lari melawan Dany Saputra.

Persija berbalik mengancam menit 43 saat umpan Bruno Matoz hampir sempurna dimaksimalkan Heri Susanto. Untung bagi tuan rumah, sontekan Heri menyamping gawang Ega Rizky. Skor 0-0 bertahan hingga paruh pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persija bermain lebih menyerang setelah pelatih Ivan Kolev memasukkan Ramdani Lestaluhu menggantikan Sandi Sute. Bruno Matoz langsung membahayakan gawang PSS yang beruntungnya masih bisa diselamatkan oleh Ega Rizky.

Menit 50 PSS terpaksa mengganti Ega yang tak bisa melanjutkan pertandingan akibat penyelamatan tersebut. Malam ini pun menjadi debut perdana kiper baru, Dhika Bayangkara bagi PSS.

Menit 59 giliran Maman Durachman mengancam setelah menerima bola muntah tendangan Ramdani Lestaluhu. Semenit berselang, Persija unggul melalui Bruni Matoz memanfaatkan sepak pojok Riko Simanjuntak. PSS 0, Persija 1.

Enam menit usai gol, PSS berusaha merespon dengan melakukan dua pergantian langsung yakni mengganti Alom dengan Wahyu Sukarta dan Irhkam Milla dengan Ricky Kambuaya.

Peran Wahyu di lini tengah langsung terlihat saat mengirimkan terobosan kunci pada Rangga Muslim. Sayang sepakan dari dalam kotak penalti masih berhasil dihalau Shahar. Skor masih tak berubah 0-1 untuk tim tamu Persija Jakarta.

Keasyikan menyerang, PSS malah kebobolan menit 85. Persija yang melakukan pergantian memasukkan Fitra Ridwan menggantikan Escobar memanfaatkan situasi menyerang dan mendapatkan hadiah penalti.

Kontrol berputar Fitra di dalam kotak diantisipasi cukup keras oleh Wahyu yang berbuntut hadiah tendangan 12 pas. Bruno Matoz yang mengeksekusi dengan tenang mampu mengelabuhi Dhika dan menjauhkan margin 0-2 untuk tamu, Persija.

PSS berusaha memperkecil kedudukan di akhir babak. Namun sayang tak ada tambahan gol tercipta. Persija menang dengan margin 2 gol dan memastikan lolos sebagai juara grup D dengan poin 7, unggul selisih gol dari Madura United. (Fxh)