Olahraga Agregasi    Sabtu, 16 Maret 2019 / 18:25 WIB

Ini Alasan PBSI Tunjuk Rionny Mainaky Latih Tunggal Putri

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, membeberkan alasan penunjukan Rionny Frederik Lambertus Mainaky sebagai pelatih utama tunggal putri. Pemilihan Rionny didasarkan pada pengalaman serta bakatnya dalam melatih atlet-atlet bulu tangkis dunia.

Sebelum resmi bernaung di PBSI, Rionny menyandang status sebagai pelatih tunggal putri Jepang. Di bawah asuhannya, para atlet Jepang berhasil menorehkan prestasi yang begitu gemilang. Gelar juara demi gelar juara dapat diraih di berbagai kompetisi. Atas dasar itulah, PBSI akhirnya memutuskan untuk mengisi posisi pelatih utama tunggal putri.

“Jadi, memang dari tahun lalu kami mencari-cari orang yang tepat. Sebenarnya ada banyak sekali calonnya, ada yang mengajukan diri, ada yang kami pantau juga. Tapi, kami kan juga mencari yang sesuai dengan kebutuhan. Kami tidak menutup mata kalau putri-putri Jepang saat ini bagus-bagus dan kuat. Sementara tunggal putri kami memang paling ketinggalan dibanding sektor lain,” ujar Susy, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Jumat (15/3/2019).

“Kami mau menciptakan yang terbaik seperti di Jepang. Kami melihat karakter, tekad, semangat dari atlet-atlet Jepang. Ternyata kan ada pelatih Indonesia di sana, Rionny Mainaky. Kami lakukan pendekatan dan akhirnya beliau setuju,” lanjutnya.

Pengalaman Rionny pun diharapkan PBSI dapat meningkatkan kualitas tunggal putri Indonesia. Dengan begitu, prestasi yang lebih cemerlang bisa ditorehkan bulu tangkis Indonesia di kancah internasional.

“Background Rionny yang lama di Jepang kan sudah paham mengenai karakter dan kebiasaan atlet sana. Lalu juga untuk penanganan, dia juga untuk semua lini. Sebelumnya di klub Jepang, sudah memegang ganda campuran, tunggal putri, tunggal putra. Saya pikir dia bisa combine untuk melatih di sini,” tutur Susy.

“Kebutuhan kami saat ini semuanya ada di Rionny. Dan dia mau pulang (ke Indonesia) juga. Pas juga kontrak dia selesai. Bukan suatu kebetulan, tapi saya pikir memang jodohnya. Di sisi lain, visi misi Rionny dengan para pelatih tunggal putri Indonesia saat ini cocok. Sekarang kan tunggal putri juga menunjukkan ada kemajuan. Jadi saya mau Rionny dan Minarti menjadi satu tim yang solid,” tukasnya. (*)