Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 15 Maret 2019 / 20:34 WIB

Polres Sukoharjo Jaga Ketat Penyimpanan Logistik Pemilu 2019

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Pengamanan ketat dilakukan Polres Sukoharjo menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. Termasuk dilakukan di tempat penyimpanan logistik pemilu dipastikan diperketat dengan penjagaan petugas selama 24 jam serta pemasangan Police Line.

Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat, Jumat (15/3) mengatakan, pengetatan pengamanan dilakukan Polres Sukoharjo demi kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019. Sasaran pengamanan seperti di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo termasuk tempat penyimpanan logistik pemilu di gedung Budisasono.

Polres Sukoharjo sudah menempatkan anggotanya baik di kantor KPU Sukoharjo maupun di gedung Budisasono. Mereka yang bertugas berasal dari berbagai kesatuan lengkap dengan senjata. Petugas berjaga secara bergantian dalam tiga kali shif selama seharian penuh atau 24 jam.

Penempatan petugas diharapkan bisa meminimalisir terjadinya potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2019. Polisi akan bertindak tegas terhadap siapa saja yang nekat berbuat kerusuhan dan mengganggu pemilu.

“Polres Sukoharjo sudah melakukan pengecekan logistik pemilu dengan mendatangi tempat penyimpanan di gedung Budisasono. Petugas melihat secara langsung tempat penyimpanan dan logistik pemilu yang sudah ada,” ujarnya.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan keamanan logistik pemilu karena menjadi barang penting. Setelah melakukan pengecekan Polres Sukoharjo memberikan beberapa saran kepada KPU Sukoharjo agar tempat penyimpanan menjadi lebih aman.

Bentuk pengamanan tersebut seperti dengan pemasangan trails pada bagian pintu dan jendela. Selain itu juga di lokasi harus dipasang Police Line. Tujuanya agar orang tidak berkepentingan tidak bisa masuk karena menjadi akses bagi petugas saja. 

“Penempatan petugas jaga dilakukan secara penuh agar keamanan logistik pemilu terjaga,” lanjutnya.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, proses pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 memang melibatkan aparat keamanan seperti Polres Sukoharjo. Polisi berjaga tidak hanya di kantor KPU Sukoharjo saja melainkan juga di tempat penyimpanan logistik di gedung Budisasono.

Pengamanan juga dilakukan polisi dengan pengawalan saat KPU Sukoharjo melakukan distribusi logistik pemilu ke petugas ditingkat kecamatan. Pengawalan dilakukan agar logsitik yang dikirim terjamin keamanannya dan sampai ke tempat tujuan. (Mam)