Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 15 Maret 2019 / 23:10 WIB

Karyawan LP Kelas IIA Magelang Donor Darah dan Tes Urine

MAGELANG, KRJOGJA.com - Pemeriksaan atau tes urine kembali dilakukan terhadap seluruh karyawan LP Kelas IIA Magelang, Jumat (15/3/2019). Kalau beberapa waktu tes urine hanya untuk karyawan, namun untuk kegiatan Jumat juga menyertakan beberapa nara pidana (napi) atau warga binaan. Bahkan napi atau warga binaan ini dipilih secara acak. Kepala dan tim BNN Kabupaten Magelang juga ikut menyaksikan kegiatan ini.

Kepala LP Magelang Bambang Irawan SH BcIP MH kepada KRJogja.com di sela-sela kegiatan diantaranya mengatakan kegiatan tes urine ini juga berbarengan dengan kegiatan donor darah, yang dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Magelang. Semua kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 tahun 2019. Dibenarkan Bambang Irawan, bahwa beberapa waktu lalu seluruh karyawan LP Magelang juga mengikuti tes urine. Ini diantaranya untuk mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain tes urine dan donor darah, beberapa kegiatan juga dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 tahun 2019 di LP Magelang, diantaranya pelatihan bidang jasa kontruksi bagi beberapa karyawan dan warga binaan, bakti sosial, pameran produk kerajinan tangan warga binaan LP Magelang di Jakarta yang bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian maupun lainnya. 

Sementara itu Kepala BNN Kabupaten Magelang AKBP Chatarina MS secara terpisah kepada KRJogja.com mengatakan jenis narkoba yang banyak ditemui di wilayah Magelang sementara ini berupa ekstasi, sabu-sabu maupun lainnya. Anak usia sekolah terdeteksi menggunakan pil-pil, seperti pil Trihex maupun lainnya. Ada juga yang menggunakan obat batuk dalam dosis banyak. Dibenarkan, dalam kegiatan tes urine di LP Magelang, Jumat kemarin, juga mengikutsertakan 15 warga binaan atau napi. Ke-15 napi tersebut dipilih secara acak. Nantinya, lanjut AKBP Catharina MS, tes urine akan diberlakukan kepada semuanya. (Tha)