Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 15 Maret 2019 / 15:11 WIB

Pegawai Terminal Tirtonadi Bagi-bagi Mawar, Ada Apa?

SOLO, KRJOGJA.com - Ratusan pegawai Terminal Bus Tipe A Tirtonadi Solo turun ke jalan melancarkan aksi sayang nyawa, di kawasan Tugu Keris. Mereka membagikan bunga mawar dan selebaran kepada pengguna jalan yang kebetulan melintas di kawasan sekitar aksi, sesekali disertai dengan sapaan ramah agar mereka berhati-hati saat berkendara.

Koordinator Terminal Bus Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengungkapkan, kahati-hatian saat berkendara menjadi kunci keselamatan dalam perjalanan, sebab penyebab kecelakaan lalu lintas selama ini lebih didonimasi faktor human error. 
"Hati-hati serta tertib berlalu lintas, masih perlu terus digaungkan kepada pengguna jalan raya, minimal sebagai peringatan dini terkait tingkat kepadatan lalu lintas yang semakin meningkat."

Secara internal, jelas Joko, Terminal Bus Tirtonadi memang hanya sebatas bersentuhan dengan keselamatan dan kenyamanan moda transportasi umum bus, namun kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi pada seluruh jenis kendaraan. Karenanya, kampanye keselamatan yang dikemas dengan aksi sayang nyawa ini, tak saja dioarahkan pada kru transportasi umum, tetapi juga pengendara sepeda motor, mobil pribadi, angkutan barang dan sebagainya.

Dia menambahkan upaya menjamin keselamatan dan kenyamanan perjalanan moda transportasi umum, secara berkala dilakukan ramp chek selain pula pemeriksaan kesehatan kru bus. 

"Layanan serupa lebih diintensifkan pada waktu-waktu tertentu ketika mobilitas angkutan umum menaik tajam, seperti musim mudik dan balik Lebaran, termasuk libur akhir tahun." (Hut)