Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 15 Maret 2019 / 15:26 WIB

Es Dawet Lidah Buaya, Rasanya Segar dan bikin 'Nagih'

MINUMAN segar dawet selama ini terbuat dari tepung terigu, sagu sampai beras. Namun di tangan kreatif Ninie Wedhartiti, Warga Danukusuman, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta dibuat dari lidah buaya atau aloe vera.

Rasanya bikin nagih dan segar. Apalagi kalau sudah bercampur dengan gurihnya santan dan manisnya gula jawa. Padahal, lidah buaya sendiri memiliki kandungan lendir hampir diseluruh bagian dagingnya ketika dikupas serta rasanya yang cukup pahit.

"Saya sudah melakuan pelatihan untuk menghilangkan lendir di dalam lidah buaya. Caranya, lidah buaya dipotong seperti dadu, dicuci bersih lalu direbus lama sampai busanya hilang.  Kalau udah keluar itu tandanya lendir sudah hilang
Alhamdulilah hasilnya saya bisa membuat dawet dari lidah buaya," kata Ninie kepada KRJOGJA.com belum lama ini. 

Dia menjelaskan selain tetap segar, lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya, dapat mengatasi pencernaan seperi Maag, susah buang air besar, Detoksifikasi, menyuburkan rambut, Wasir dan menurunkan kadar gula darah. Sedangkan harganya tetap ramah di kantog, hanya dibanderol Rp 5000 per bungkusnya.