Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 14 Maret 2019 / 22:42 WIB

Jalin Sinergitas, Danramil Semarang Selatan dan Wakapolsek Genjot Becak

SEMARANG KRJogja.com - Cara unik dilakukan Mayor Inf Rahmatullah AR dalam menjalin sinergitas antara Koramil 13 Semarang Selatan dengan Polsek Lamper dan Kecamatan Semarang Selatan.

Rahmatullah selaku Danramil 13 mencoba menggelar aksi 'narik becak' bersama Wakapolsek Lamper AKP Agus Hartono dan pejabat Kecamatan Semarang Selatan Joko Sumarno. Tujuannya menjemput warga untuk diantar menuju Makoramil tempat diselenggarakannya Bazar Sembako Murah yang digelar atas support Bank Artha Graha. Spontan hal ini membuat masyarakat terheran-heran, bahkan sungkan. Mereka tak menyangka sebagai supir becak adalah pejabat di beberapa institusi negara dan pemerintahan tingkat kecamatan.

Aksi mbecak ini pun diakui Mayor Inf Rahmatullah baru kali pertama. "Ternyata berat juga ya. Bawa satu orang saja sulit mengemudikannya. Rasanya berat, mungkin karena belum terbiasa", aku Rahmatullah. AKP Agus Hartono pun mengaku sama. Badannya yang padat berisi juga terlihat tidak bisa bebas menggenjot pedal dan menggerahkan kemudi.

Mereka berdua umumnya menjadikan momen narik becak sebagai pengalaman pertama. "Senang, apalagi yang menikmati genjotan becak adalah warga di lingkungan kami. Hal ini harapannya akan lebih mendekatkan kami dengan warga. Agenda-agenda seperti ini harapan kami akan mensinergikan TNI-Polri-Aparat Pemerintahan dengan warga masyarakat untuk membangun kewilayahan," ujar Mayor Inf Rahmatullah.

Sementara Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Drs Supriyanto MPd yang kampusnya tepat berada di depan Markas Koramil 13 menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Bakti Sosial Peduli Warga yang digelar Kamis (14/3/2019). "Kami ikut support dan ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak didik kami dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Kekompakan aparat di wilayah ini sungguh luar biasa, sehingga ini menentukan iklim kondusifitas lingkungan," ungkap Drs Supriyanto MPd.

Sebelum acara Bakti Sosial Peduli Warga dibuka, pagi-pagi Danramil, Waka Polsek dan perwakilan Camat menyongsong warga yang datang dari ujung gang dengan duduk di sadel becak. Warga yang hendak masuk gang langsung diminta naik becak dan diantar menuju Makoramil yang berjarak sekitar 100 meter.

Rombongan becak juga diiringi oleh ormas FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri TNI) dan HIPAKAD (Himpunan Putra Putri keluarga Angkatan Darat) serta Babinda dan Bhabinkamtibmas. (Cha)