DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 14 Maret 2019 / 21:41 WIB

HPFE 2019, Even Terpadu Seminar, Pelatihan dan Pameran Alat Kesehatan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Hospital Procurement Forum & Expo (HPFE) merupakan rangkaian kegiatan seminar pengadaan alat rumah sakit, pelatihan PPK BLUD dan pameran alat kesehatan. Forum ini bertujuan mempertemukan jajaran direksi dan staf rumah sakit dengan para penyedia alat kesehatan baik produsen maupun disributor alkes.

Tahun ini HPFE diselenggarakan di Yogyakarta sekalgus sebagai kegiatan perdana dan kedepannya akan menjadi kegiatan tahunan. Penyelenggaraan kegiatan tahun ini berlokasi di Jogja Expo Center pada tanggal 19 - 21 Maret 2019. 

Sementara Untuk Pameran alat kesehatan berlangsung di Hall A dan Hall B Jogja Expo Center dan Pelatihan PPK-BLUD dilaksanakan di Yudhistira Hall Lt.2 JEC.

Kegiatan ini diadakan atas kerjasama PT. Fery Agung Corindotama (FERACO) sebagai event organizer dan ARSADA (Asosisasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia) sebagai narasumber ahli serta wadah berkumpulnya rumah sakit daerah seluruh Indonesia. 

"Selama 3 hari, peserta pelatihan sebanyak lebih dari 500 orang yang berasal dari rumah sakit dan puskesmas seluruh Indonesia akan mengikuti rangkaian kegiatan yang terdiri dari Pelatihan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK - BLUD), seminar pengadaan barang dan jasa, dan pameran alat kesehatan terbaru," dr. Joko Hastaryo, M.Kes – selaku Direktur Utama RSUD Sleman (Ketua ARSADA DIY) dalam rilisnya, Rabu (13/3/2019).

Pelatihan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD kali ini bertemakan “Peningkatan Mutu Pengelolaan RSD BLUD dalam Menghadapi Perubahan Dunia Pelayanan Kesehatan“. Peserta pameran mencapai lebih dari 60 booth yang terdiri dari 57 perusahaan swasta dan 3 instansi pemerintah. Lebih dari 500 Pengunjung yang hadir meliputi direksi rumah sakit, dokter, bagian keuangan rumah sakit, pejabat pengadaan, akademisi, kepala puskesmas dan staff keuangan lain yang terkait.

Tujuan dari kegiatan ini meliputi meningkatkan kemampuan staf rumah sakit dan puskesmas dalam pengelolaan keuangan BLUD dan proses pengadaan barang/jasa. Selain itu sebagai wadah pertukaran ilmu (sharing knowledge) dan pengalaman antar instansi dalam pengelolaan keuangan BLUD, khususnya di tingkat rumah sakit.

dr. Ferry Agung Prasetyo dari PT. FERACO menambahkan dari segi bisnis, even ini juga dimanfaatkan untuk menjembatani perusahaan penyedia alat kesehatan dalam memperkenalkan produk teknologi kesehatan terbaru dengan pengguna alat kesehatan (petugas medis) untuk memahami lebih dalam mengenai produk yang dibutuhkan.

"Hospital Procurement Forum and Expo 2019 hadir untuk memberikan edukasi bagi pejabat pengadaan terkait proses teknis pengadaan barang dan jasa. Dan forum ini juga berguna sebagai wadah promosi yang tepat bagi para pelaku usaha pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya dalam bidang alat rumah sakit," pungkasnya. (*)