Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Maret 2019 / 19:20 WIB

26 Anak Sukoharjo Menderita HIV AIDS

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Jumlah anak penderita HIV AIDS di Sukoharjo tercatat ada sebanyak 26 orang. Mereka menderita karena tertular dari orang tua. Meski begitu semua anak tersebut sudah mendapatkan penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo.

Plt Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (14/3) mengatakan, sebanyak 26 anak yang menderita HIV AIDS tersebut merupakan akumulasi atau total keseluruhan sejak kali pertama kasus ditemukan di Sukoharjo. Mereka berasal dari kelompok usia 0 - 20 tahun. Petugas sudah melakukan pendataan secara mendetail tentang identitas dan alamat tinggal anak penderita HIV AIDS.

Data diperlukan sebagai dasar pemantauan sekaligus pemberian bantuan penanganan dari pemerintah khususnya Pemkab Sukoharjo kepada anak penderita HIV AIDS. Petugas rutin memantau perkembangan sekaligus pemberian obat pada anak agar kondisinya membaik.

Data dari DKK Sukoharjo diketahui anak penderita HIV AIDS ada beberapa kelompok usia. Rinciannya,  11 kasus HIV pada anak usia 0 – 10 tahun. Sementara itu, ada 15 anak usia 11- 20 tahun yang terkena HIV AIDS. Totalnya 26 kasus anak terkena HIV AIDS pada usia 0 – 20 tahun.

Anak yang tercatat menderita HIV AIDS disebabkan karena tertular orang tua mereka sendiri. Hal itu diketahui setelah petugas DKK Sukoharjo melakukan pemeriksaan.

"DKK Sukoharjo sudah melakukan penanganan terhadap anak penderita HIV AIDS dengan pemberian obat ARV. Selain itu juga diberikan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," ujarnya.

Fasilitas tersebut sudah diberikan cukup lama oleh Pemkab Sukoharjo kepada anak penderita HIV AIDS. Bahkan fasilitas tambahan akan diberikan berupa makanan tambahan untuk anak penderita HIV AIDS. (Mam)