DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 14 Maret 2019 / 13:54 WIB

Perencanaan APBD Butuh Kecermatan Matang

YOGYA, KRJOGJA.com - Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) butuh kecermatan dan perencanaan matang. Kecermatan itu dibutuhkan supaya keberadaan APBD bisa dikelola dengan baik dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas. Semua itu akan bisa terwujud apabila sinergitas dan keseriusan dari semua stakeholders terkait.

“Pengelolaan keuangan daerah adalah satu siklus yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Tidak mengherankan supaya program yang sudah ditentukan bisa dilaksanakan dengan baik. ASN selalu dipacu untuk menyelesaikan tugas tepat waktu sesuai agar perencanaan yang sudah ditentukan,” kata Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY, Indarwati Utami MA.

Indarwati mengatakan, supaya program yang sudah direncanakan bisa dilaksanakan tepat waktu. Pelaksanaannya harus dilakukan secara sungguh-sungguh, diimbangi dengan laporan yang baik. Keberadaan laporan tersebut nantinya bisa dijadikan bahan evaluasi terkait dengan capaian program yang sudah dilaksanakan.

“Sejumlah penghargaan yang sudah diraih oleh DIY secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri untuk bisa lebih baik.Oleh karena itu sinergitas dari semua pihak mutlak diperlukan,” ujarnya. (Ria)