Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Maret 2019 / 18:21 WIB

Perguruan Tinggi 'Senjata Ampuh' Ubah Dunia

SEMARANG,KRJOGJA.com- Tokoh nasional yang juga Rektor Unissula Semarang periode 2009-2013 Prof Dr Laode MK menyatakan perlunya penggunaan akal sehat dalam membangun demokrasi di suatu negara. Terlebih Indonesia sebagai salah satu negara besar di dunia dengan kondisi sangat beragam dan plural, diperlukan membangun negara dengan baik dan menggunakan akal sehat.

Hal tersebut disampaikan Prof Dr Laode MK pada kuliah umum “Menakar Akal Sehat Dalam Kebhinekaan Bangsa” di kampus Unissula Semarang, Rabu (13/3). Tampil pula sebagai pembicara lainnya pengamat politik Rocky Gerung dan  Menteri Keuangan RI tahun 1998 Dr Fuad Bawazier.

“Di dunia ini tercatat 3 negara besar dibangun berdasar akal sehat yang kemudian menjadi cita cita yaitu AS, Uni Soviet, dan Indonesia. Yang tertua AS terkenal dengan declaration of independence, negara cita-cita, kedua Uni Soviet dibangun dengan cita-cita masyarakat komunis, ketiga Indonesia dengan cita-cita ada di preambule UUD 1945. Selang 70 tahun kemudian Uni Soviet bubar, tinggal AS dan Indonesia” ujar Prof Laode MK yang juga Ketua Forum Rektor Indonesia tahun 2013 ini.

Menurutnya, dengan akal sehatnya Amerika maju lewat melting spot yaitu imigran bersatu menjadi 'Amerika' tidak lagi membawa identitas imigran mereka. Indonesia maju lewat Bhineka Tungal Ika, bhineka itu fakta, ika perjuangan. Sejauh mana akal sehat dalam negara yang bhineka mampu membawa Indonesia jadi negara maju, sebagai negara menang bukan negara kalah seperti Uni Soviet yang bubar karena gagasan komunisnya tidak bisa ditransformasi menjadi milik rakyat Soviet. (Sgi)