DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 14 Maret 2019 / 11:41 WIB

Pemkab Gunungkidul Segera Lakukan Penataan PKL

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemkab dan DPRD Kabupaten Gunungkidul segera melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL) baik yang selama ini berada di kota kabupaten maupun di wilayah kecamatan. Sebagai dasar hukum untuk melakukan penataan tersebut saat ini telah dilakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan dengan adanya Perda tentang penataan PKL Pusat Kota Wonosari maupun di tiap-tiap kecamatan akan lebih tertata.

“Saat ini rancangan peraturan daerah sedang dibahas dengan melibatkan semua unsur dengan lebih mengedepankan sisi manfaat dan aspek lain yang masih terus dibahas,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Suryanto.

Menurutnya, perda yang berkaitan dengan PKL memang dibutuhkan agar langkah untuk penataan yang berada di sepanjang jalan protokol maupun tempat-tempat lain lebih tertata. Diakuinya bahwa sementara ini yang akan menjadi fokus implementasi jika perda tersebut disetujui dan diterapkan prioritas penataan di sepanjang jalan protokol di kawasan Kota Wonosari.

Fokus penerapan aturan ini mengacu pada kondisi saat ini dan program untuk jangka panjang. Sebenarnya pemkab telah melakukan penataan di sekitar kawasan Alun-alun Wonosari, tetapi para pedagang kaki lima yang baru justru kembali menempati titik-titik terlarang, sehingga harus dilakukan relokasi ulang. “Ada beberapa titik yang seharusnya dilarang untuk berjualan, karena itu dengan perda yang baru nantinya kita mempunyai dasar hukum untuk dilakukan penertiban,” imbuhnya.

Dengan rencana penataan ini diharapkan nantinya para pedagang bisa ikut berpartisipasi dalam hal menata keindahan kota. (Bmp)