Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Maret 2019 / 06:06 WIB

239 Ribu Satlinmas Jateng Amankan Pemilu

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Sebanyak 239 ribu personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Jawa Tengah (Jateng) akan diterjunkan untuk mengamankan Pemilu Serentak 2019.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jateng Budiyanto Eko Purwono, Rabu (13/3/2019) di sela kegiatan geladi Apel Siaga Satlinmas Se-eks Bakorwil III di Gelanggang Olahraga (Gor) Satria Purwokerto, menjelaskan personel Satlinmas di Jawa Tengah ada 239 ribu orang.  "Kalau melihat daftar dari KPU, personel Satlinmas untuk pengamanan di setiap TPS ada dua orang, sedangkan TPS-nya itu sendiri ada 115.138, seluruh personel Satlinmas akan terlibat," ungkapanya

Untuk persiapan pengamanan itu akan dilaksanakan apel siaga  pada hari Kamis (14/3/2019) dan rencananya dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Budiyanto, mengakui jika sebenarnya jumlah personel Satlinmas yang bertugas sebagai tenaga pengamanan TPS masih kurang sehingga nantinya kekurangannya akan diambilkan dari masyarakat dan selanjutnya akan diberi seragam beserta tanda petugas pengamanan.

Saat ditanya berkaitan dengan pemahaman personel Satlinmas dengan Pemilu Serentak 2019, ia, mengatakan pemahamannya sudah cukup bagus dan pihaknya sebagai pembina dari provinsi maupun kabupaten/kota tidak ada yang mengarahkan untuk memilih salah satu calon.

Menurutnya yang penting bagi kami, apapun perbedaan pilihan, kemudian apapun paslon yang akan dipilih, itu tidak akan membawa perpecahan antara Satlinmas sendiri. "Tapi kita lebih menekankan untuk memperkuat solidaritas dan soliditas Satlinmas untuk Jawa Tengah yang lebih kondusif karena kemarin pada saat pilgub, Jawa Tengah betul-betul aman," katanya. 

Dia mengingatkan jika menemukan informasi hoaks atau bersifat hasutan, pihaknya mengimbau agar hal itu tidak ditangani oleh Satlinmas sendiri melainkan dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti Polres, Kodim, maupun Satpol PP kabupaten/kota maupun Satpol PP provinsi. (Dri)