DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 13 Maret 2019 / 21:14 WIB

Satpol PP Siagakan 6.094 Linmas Hadapi Pemilu

BANTUL, KRJOGJA.com - Menghadapi pelaksanaan Pemilu 2019, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul telah menyiagakan 6.094 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas). Ketugasannya untuk mengawasi dan menjaga keamanan di semua TPS seluruh Bantul yang jumlahnya mencapai 3.040 lokasi.

Untuk kesiapan itu, semua anggota Linmas di Bantul secara bertahap mulai mendapatkan penjelasan atau sosialisasi tentang proses jalannya pemungutan suara di masing-masing TPS. "Ini termasuk kesiapan menghadapi Pemilu 2019 di Bantul yang aman tanpa gangguan," kata Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta SSos MSi.

Bupati Bantul mengemukakan, pada zaman saat ini masyarakat mendambakan adanya Satpol PP yang arif dan bijaksana dalam menjalankan tugasnya. Karena itu, selama bertugas menegakkan peraturan daerah (perda) hendaknya personel Satpol PP harus bisa mengendalikan emosi, tidak main pukul dan main hakim sendiri.

"Tetapi anggota Satpol PP juga harus dibekali dengan ketangkasan bela diri untuk menjaga keselamatan atau bela diri jika dirinya diserang," tandas Suharsono. (Jdm)