Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Maret 2019 / 00:10 WIB

20.000 Koban PHK Diberi Pelatihan

BOGOR, KRJOGJA.com - Dirut BPJS Ketenagekarjaan (BPJS TK) Agus Susanto mengatakan, pihaknya siap melaksanakan pelatihan vokasional atau vokational training ini secara multiyears dengan target peserta sebanyak 20.000 orang dengan anggaran sebesar Rp 294 miliar.

"Program pelatihan vokasional atau vocational training pada 2019 itu ditujukan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk berbagai kategori, salah satunya yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)," tutur Agus usai membuka seminar bertajuk “How to Create a Great Innovative Leader" di Institut BPJS Ketenagakerjaan Bogor, Rabu (13/3/2019).

Tentunya, lanjut Agus, pelatihan itu diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami PHK, yang tidak bekerja lagi karena kontraknya habis. Bahkan, untuk yang bekerja di luar negeri (TKI) akan bekerja di Indonesia, kemudian yang mengalami cacat atau membutuhkan peningkatan skill. Untuk training ini akan diberikan dalam bentuk job shifting.

"Artinya, dari keahlian satu ke keahlian yang lain, atau reskilling. Keahliannya kita tingkatkan," kata Agus dengan menandaskan, BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan apa yang dilatihnya bisa terserap oleh kebutuhan industri. Maka dari itu, dia mengajak perusahaan besar untuk berpartisipasi dalam program ini.

"Oleh karena itu BPJS mengajak seluruh mitra pemberi kerja kita, terutama perusahaan-perusahaan besar, kita ingin membangun kolaborasi dengan mereka. Kita ingin apa yang kita latih itu bisa terserap di industri," jelas Agus. (Ful)