Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 13 Maret 2019 / 18:10 WIB

Menhub Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat

SEMARANG, KRJOGJA.com- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Dr Capt Mashudi Rofik MSc membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi 1.050 peserta dari berbagai unsur masyarakat dari propinsi Jateng, Jabar dan Jatim di kampus PIP Semarang, Selasa (12/3/2019).

“Diklat DPM dilaksanakan sebagai bentuk pemerintah atau negara hadir untuk masyarakat dan sebagai program prioritas nasional agar masyarakat meningkat kompetensi dan ketrampilannya guna mendapatkan lapangan kerja serta meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya. Termasuk membudayakan keselamatan transportasi sehingga meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi. Program yang ada sejak 2016 sampai sekarang ini telah meluluskan banyak warga masyarakat yang bekerja di bidang transportasi” ujar Menhub.

Sementara itu Direktur PIP Dr Capt Mashudi Rofik MSc dan Ka Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Umiyatun Hayati Triastuti MSc menyatakan Dikat bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan transportasi khususnya transportasi laut, memberikan sertifikasi nasional dan internasional kepada masyarakat agar mendapat kesempatan kerja di dunia transportasi laut baik nasional maupun internasional. Juga bentuk nyata hadirnya pemerintah di tengah masyaraat guna meningkatkan kualitas diklat bidang transportasi.

Dikat terdiri Basic Safety Training diikuti 502 peserta, Advance Fire Fighting 502 peserta, Basic Safety Training Kapal Layar Motor 500 peserta, diklat Kapal Tradisional Penangkap Ikan dengan daerah pelayaran 30/60 mil bagian Dek dan Mesin 500 peserta, dan diklat Teknis Awal Dasar Dasar Kesyahbandaran diikuti 48 peserta. Diklat dibuka dengan penyematan simbolik peserta oleh Menhub serta pemberian bantuan kepada sejumlah anak panti asuhan Roudlotusy Syifa dan Tarbiyatul Hasanah. (sgi/Imd)