Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 13 Maret 2019 / 13:12 WIB

Hasil OP Satpol PP Purworejo, 985 Botol Miras Dimusnakan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kendatipun di Kabupaten Purworejo sudah ada Perda Minuman Keras (Miras) yang melarang peredaran miras hingga nol persen, namun miras masih saja beredar di masyarakat. Bahkan  Satuan Polisi Pamong Praja Linmas dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar) sejak enam bulan terakhir berhasil menyita 985 botol miras dari berbagai merk. Pada kegiatan itu juga disita miras jenis CIU delapan derigen.

Miras hasil sitaan itu, Rabu (13/3) dimusnakan di Jalan Proklamasi depan kantor dinas bupati setempat, usai upacara HUT Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69, dan HUT Satlinmas ke-57 tahun 2019.

Kepala Kepala Satpol PP Linmas dan Damkar Purworejo Budi Wibowo SSos MSi mengatakan, miras yang dimusnakan ini merupakan hasil operasi (OP) yang dilakukan sejak bulan Oktober 2018 dari berbagai tempat. “Kebanyakan dari penjual di wilayah perkotaan,” katanya.

Dari hasil OP ini menurut Budi Wibowo, sebagian penjual sudah mendapat putusan hukuman dari Pengadilan Negeri (PN) Purworejo sedang lainnya masih dalam proses.

Sedang miras yang dimusnakan itu diantaranya 606 botol CIU, 66 botol Bir, 122 botol anggur merah, 142 botol vodka, 44 botol mension, dan 5 botol bir kuda putih.

Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meminta agar satuan ini tidak hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia. (Nar)