DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 13 Maret 2019 / 08:44 WIB

Warga Jangkaran Tagih Pembangunan Jalan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Warga Desa Jangkaran, Kecamatan Temon menagih janji pengganti jalan kabupaten penghubung Pantai Congot di wilayah Desa Jangkaran yang terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA). Kepala Desa (Kades) Desa Jangkaran, Murtakil Humam di Kantor Desa Jangkaran mengungkapkan pemrakarsa pembangunan bandara menjanjikan akan mengganti jalan kabupaten yang terkena bandara.

Menurutnya, janji yang pernah disampaikan pada acara sosialisasi dengan warga menjelang mulainya pembangunan bandara. Jalan kabupaten yang berada di dalam pagar bandara tersebut hingga sekarang belum juga diwujudkan.

”Walaupun tidak ada bukti di atas kertas, warga yang menghadiri pertemuan pada saat itu juga mendengar dan mengetahui. Jalan menuju ke Pantai Congot yang terkena bandara akan diganti jalan lain,” ujar Murtakil Humam.

Jalan yang terkena pembangunan bandara merupakan satu-satunya akses masyarakat, termasuk para nelayan ke Pantai Congot. Pemrakarsa bandara memasang pagar sampai ujung barat, tepi Sungai Bogowonto.

Menurutnya, belum ada tanda-tanda ruas jalan pengganti, menimbulkan kekhawatiran. Pemrakarsa pembangunan bandara bisa sewaktu-waktu menutup jalan sehingga mengganggu masyarakat yang biasa beraktivitas di pantai.

”Desa pernah mengadakan pertemuan dengan Pak Sekda untuk membahas jalan kabupaten di Desa Jangkaran. Masyarakat cukup mengkhawatirkan karena pengganti jalan kabupaten belum ada kepastian,” jelas Murtakil.

Pemdes Desa Jangkaran mengharapkan pemrakarsa pembangunan bandara segera memberikan pengganti jalan kabupaten yang terkena bandara. Pengganti jalan kabupaten, tidak jauh dari jalan yang ada. Setelah jalan ditutup, masyarakat tetap bisa beraktivitas di pantai tanpa mengganggu operasional bandara. (Ras)