DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 13 Maret 2019 / 03:15 WIB

Polres Tingkatkan Pengamanan Wilayah Perbatasan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Wilayah perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dengan Provinsi Jawa Tengah mendapatkan perhatian khusus Polres Gunungkidul terkait pengamanan menjelang pemilihan umum (Pemilu). Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan mobilisasi massa yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye.

“Kawasan perbatasan menjadi prioritas pengamanan menjelang pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung pada pertengahan April mendatang,” kata Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Anang Prastawa.

Beberapa titik rawan tersebut meliputi Kecamatan Gedangsari, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Semin, Ponjong, Rongkop dan Girisubo menjadi prioritas. Bahkan menjelang pelaksanaan pengaman sejak beberapa waktu lalu dilakukan simulasi yang bertujuan untuk pengamanan wilayah.

Selain melakukan simulasi pihaknya juga melakukan razia terhadap kendaraan bermotor yang memasuki wilayah Kabupaten Gunungkidul. Razia ini merupakan tindakan cipta kondisi sekaligus untuk menyosialisasi kepada masyarakat baik menyangkut disiplin berlalu lintas maupun kepatuhan dalam melaksanakan aturan. “Kami juga mengantisipasi kemungkinan adanya mobilisasi massa kedua wilayah,” imbuhnya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SH SIK menyatakan bahwa jajarannya telah siap dalam menjaga keamanan pemilu 2019, dan telah melakukan pemetaan dasar wilayah yang masuk dalam zona rawan. Untuk mengamankan jalannya pemilu 2019 mendatang pihaknya menyiapkan sejumlah 745 orang anggota kepolisian. Sedangkan hasil dari pemetaan tidak bisa diungkapkan kepada publik. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kegaduhan di masyarakat.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko SIK menambahkan, terkait dengan operasi rutin dan cipta kondisi menjelang pemilu akan terus dilakukan. Dalam hal ini juga dilakukan penindakan bagi pengguna jalan yeng melakukan pelanggaran lalulintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. (Bmp)