DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Maret 2019 / 19:11 WIB

Gunungkidul Terima Penghargaan dari Ombudsman

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menerima penghargaan dari Ombudsman kompetensi baik dalam pelaksanaan penyelenggaraan perizinan Pemerintah Daerah (Pemda) tahun 2019. Penghargaan diserahkan Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai SH LLM Phd di Palembang, Senin (11/03/2019).

“Dalam pelayanan perizinan mendapat nilai kepatuhan 96,44 dan nilai kompetensinya 84,35,’ kata Kepala Bidang Layanan Informatika Kelik Yuniantoro SSos MM.

Penghargaan diberikan setelah Ombudsman RI melakukan penilaian beberapa kali ke daerah. Dalam hal ini penilaian berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan kompetensi dalam penyelenggaraan perizinan pemerintah daerah. Penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah yang mencapai predikat zona hijau.

Sementara penilaian kepatuhan, dalam hal ini sejauh mana standar pelayanan diinformasikan secara jelas kepada publik dan pelayanan perizinan telah mematuhi Permendagri nomor 138 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu. “Kabupaten Gunungkidul sudah menerapkan pelayanan secara online,” tambahnya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah. Penghargaan itu diharapkan mampu memacu kinerja aparatur pemerintah untuk meningkatkan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan serta pelayanan masyarakat.

Bahkan, tahun 2019 Kabupaten Gunungkidul sudah masuk dalam ‘100 Smart City’ tingkat nasional. Artinya ke depan pelayanan kepada masyarakat akan semakin cepat dan tepat sasaran. “Smart city ini menjadi model pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat secara modern,” ujarnya. (Ewi)