DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Maret 2019 / 21:14 WIB

Merti Maliboro Wujudkan Pemilu Damai

YOGYA, KRJOGJA.com - Momentum pemilu serentak presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang mendapat perhatian dari Forum Lintas Komunitas Malioboro (FLKM). Dengan acara bertajuk 'Merti Malioboro Wujudkan Pemilu 2019 Aman, Nyaman dan Tidak Golput', forum ini mengelar tumpengan di Kepatihan, Selasa (12/03/2019).

Ketua (FLKM) Suparnosito mengatakan, acara tumpengan ini juga sebagai rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat ikatan persaudaraan antar masyarakat yang ‘hidup’ di Malioboro.

"Kami ingin mengantisipasi perpecahan di tahun politik ini. Intinya dengan digelarnya acara ini, hal yang memicu perpecahan tidak akan mempan bagi masyarakat Malioboro," kata Suparnosito.

Komunitas dari 30 kelompok di kawasan Malioboro ini terdiri dari para pedagang kaki lima (PKL), kusir andong, pengemudi becak, pelaku seni, pengasong, pedagang kuliner hingga juru parkir. Tumpeng yang disuguhkan dalam Merti Malioboro ini dibawa oleh masing-masing kelompok hingga akhirnya terkumpul 80 tumpeng.

Sementara itu Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti juga turut hadir memberi dukungan kepada FLKM menurutnya ada tiga faktor yang membuat forum ini selalu kompak yaitu guyub, rukun dan aman untuk menjaga kawasan Malioboro. Tak lupa dalam kesempatan ini Haryadi mengingatkan kepada masyarakat Yogyakarta untuk melaksanakan hak konsitusinya dipemilu serentak 2019.

"Jangan lupa datang di tanggal 17 April 2019 jangan golput pake hak suaranya. Semoga pemilu aman dan tentram," kata Haryadi. (Ive)