Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Maret 2019 / 18:50 WIB

Pemusatan Latihan Atlet Asian Para Games 2018 Disiapkan, Pelatih Diseleksi

SOLO, KRJOGJA.com - Pemusatan latihan Asean Para Games (APG) 2020 Filipina semakin dekat, National Paralypic Committe (NPC) Indonesia mulai mempersiapkan pelatih. Para calon pelatih dari 11 cabang olahraga yang akan menangani atlet telah menjalani uji kompetensi standar NPC.

"Ada sekitar 100 pelatih yang sudah mengikuti uji kompetensi," jelas Dr Sapta Kunta Purnama, Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang) NPC, Selasa (12/3/2019). Pola rekrutmen calon pelatih melalui uji kompetensi diterapkan agar lebih baik hasilnya.

Hasil uji kompentensi calon pelatih nantinya akan menjadi referensi para pelatih kepala yang selama ini sudah ada. "Para pelatih kepala akan memilih sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Bisa pelatih fisik atau pelatih teknis. Karena dalam menangani atlet difabel banyak membutuhkan pelatih," tambahnya.

Setelah mereka bergabung dengan pelatih kepala akan menyusun program latihan dan menggelar workshop. Ini akan dilakukan semua cabang olahraga. Arah penataan pelatih ini tidak saja untuk menghadapi APG Filipina. Namun juga program yang lebih tinggi lagi yakni Paralympic 2020 Jepang.

Kunta menyebutkan para pelatih yang ikut uji kompetensi 80 persen muka lama yang ikut menangani Asian Para Games Jakarta. Untuk APG Filipina, NPC menyiapkan 325 atlet yang diikutkan pemusatan latihan. "Kebutuhannya sebenarnya 300 atlet, tapi ada kebijakan menambah 25 persen. Perlu ada cadangan kalau ada yang cedera," ujarnya.

NPC dalam merekrut calon atlet pelatnas sangat selektif. Karena ini sekaligus sebagai persiapan Paralympic Jepang. Diantatanya menelusuri rekam jejak prestasi atlet dalam 3 tahun terakhir. Baik dari tingkat Asian Para Games, Asean Para Gamea hingga Kejurnas dan Peparpenas.(Qom)