DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 12 Maret 2019 / 11:23 WIB

Pagi Ini, Merapi Luncurkan 7 Kali Lava Pijar

YOGYA, KRJOGJA.com - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi terpantau cukup tinggi, dengan memuntahkan awan panas, pagi tadi. Selain itu, semburan lava pijar gunung api yang terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu juga terekam tujuh kali, meluncur deras ke arah Kali Gendol.

Sekadar diketahui, lava merupakan cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah atau patahan. Kemudian cairan itu membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.

Laporan pengamatan guguran Gunung Merapi tanggal 11 Maret 18.00 WIB - Selasa (12/3/2019) pukul 06.00 WIB, secara visual terpantau guguran lava ke arah hulu Kali Gendol sebanyak tujuh kali dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter," ujar petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dikutip dari akun Twitter @BPPTKG, Selasa (12/3/2019).

Sebelumnya diberitakan, petugas mengamati terjadi semburan awan panas dari puncak Merapi. "Terjadi awan panas guguran Gunung Merapi pada pukul 04.56 WIB dengan durasi 150 detik. Jarak luncur 1.500 meter arah ke hulu Kali Gendol," katanya.

Meski jarak luncurnya cukup jauh, namun dinyatakan masih dalam batas aman. Warga diimbau tetap beraktivitas seperti biasa sembari meningkatkan kewaspadaan. "Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi. Nasyarakat diimbau untuk tetap tenang," lugasnya. (*)