Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Maret 2019 / 16:05 WIB

Bupati dan Wabup Laporkan Pajak dengan E-Filling

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH melaporkan SPT tahunan mereka menggunakan e-filling, Senin (11/3). Pihak KPP Pratama Purworejo menjadikan dua pucuk pimpinan daerah itu sebagai 'role' model atau contoh masyarakat.
  
Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepidha Laksmijarta Soemantri mengatakan, bupati dan wakil bupati dapat menjadi teladan masyarakat dalam melaporkan pajak mereka. "Harapan kami masyarakat semakin taat pajak, khususnya semakin tertarik memanfaatkan metode e-filling dalam melaporkan SPT tahunannya," ungkapnya menjawab KRJOGJA.com.
  

Menurutnya, penggunaan e-filling mulai menjadi budaya masyarakat Purworejo. Terbukti dari semakin sedikitnya antrean WP melaporkan pajak gerai yang di KPP Pratama Purworejo.  Untuk tahun 2019 sebanyak 50.627 WP wajib melaporkan SPT tahunan dan 90 persen dari jumlah itu ditargetkan merealisasikan laporan. Adapun target e-filling masa pajak 2019 sebanyak 20.726 WP. Realisasi e-filling sepanjang 2019 terdata 11.000 WP.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian mengatakan, pajak bukan momok melainkan bentuk peran serta masyarakat dalam membangun bangsa. "Masih ada sebagian orang yang menganggapnya sebagai momok, anggapan itu harus dihilangkan. Pemerintah memfasilitasi berbagai kemudahan dalam perpajakan," ungkapnya.

Bupati juga meminta KPP Pratama Purworejo untuk menjaga integritas dalam melayani masyarakat. "Pajak adalah tempatnya uang, jadi jaga kepercayaan dari masyarakat," tegasnya. (Jas)