DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Maret 2019 / 11:36 WIB

Animo Mahasiswa Dalam Penelitian Perlu Ditingkatkan

YOGYA, KRJOGJA.com - Animo mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan penelitian masih perlu ditingkatkan. Karena di era globalisasi seperti sekarang untuk bisa eksis dalam persaingan, mahasiswa dituntut terus mengembangkan inovasi dan kompetensi yang dimiliki. Salah satunya lewat kegiatan penelitian, karena dengan cara itu mereka jadi termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kualitas diri.

"Selama ini penelitian mahasiswa yang untuk memenuhi tugas mata kuliah lazimnya tidak dipublikasi. Sehingga tidak banyak diketahui publik. Meski begitu penelitian mahasiswa yang berupa tugas akhir dituntut untuk dipublikasikan, bahkan untuk penelitian S3 diminta dipublikasikan tingkat internasional yang terindek scopus atau sejenisnya," kata Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah V, Prof Dr Buchory MS MPd.

Guru Besar Universitas PGRI Yogyakarta itu mengungkapkan, untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam bidang penelitian, pengelola kampus bisa memotivasi mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan mensuport dana atau memberikan penghargaan. Terutama bagi mahasiswa yang bisa melakukan penelitian dan hasilnya bisa dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindek. Meski secara sepintas terkesan sederhana, namun adanya kebijakan tersebut diharapkan bisa meningkatkan animo mahasiswa melakukan penelitian.

"Selama mengikuti pendidikan dan pembelajaran sebenarnya para mahasiswa sudah melakukan kegiatan penelitian. Adapun bentuknya melalui tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen baik tugas individual maupun kelompok. Hanya memang tugas penelitian itu umumnya baru sebatas untuk mengimplementasikan teori dan memperdalam pemahaman konsep dalam mata kuliah tertentu," terang Buchory.

Lebih lanjut Buchory menambahkan, adanya anggapan bahwa kegiatan penelitian sulit dan membutuh biaya mahal tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya mahasiswa bisa melakukan kegiatan penelitian dari halhal sederhana yang ada di lingkungan sekitar atau berkaitan dengan mata kuliah. Tentunya supaya hasilnya maksimal, harus diimbangi dengan keseriusan dan ketekunan dari mahasiswa yang bersangkutan. (Ria)