Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 10 Maret 2019 / 20:51 WIB

AS dan Indonesia Gelar Hari Tuberkolosis Dunia di Borobudur

MAGELANG, KRJOGJA.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan JR bersama Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan lainnya memperingati Hari Tuberkulosisi (TBC) sedunia tahun 2019 di Taman Lumbini kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Minggu (10/3/2019) sore. Hadir dalam acara ini diantaranya GM Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) I Gusti Putu Ngurah Sedana.  

Kegiatan ini dilaksanakan juga bersamaan dengan perayaan 70 tahun kemitraan atau hubungan diplomatik Pemerintah AS-Pemerintah Indonesia, serta pembukaan pameran edukasi TBC "A Story of Hope". Perayaan menyoroti kemitraan panjang antara AS dan Indonesia dalam memerangi TBC, dan seruan kelanjutan kerjasama menuju Indonesia Bebas TBC pada tahun 2030.

Pada rangkaian acara ini Kementerian Kesehatan RI juga meluncurkan kampanye investigasi kontak nasional. Menurut Anung Sugihantono, investigasi kontak bertujuan untuk menemukan pasien TBC dan TBC laten, yaitu pasien yang tidak atau belum menunjukkan gejala.

Selain itu pada Hari TBC sedunia tahun 2019 akan dilakukan penemuan aktif dan masif kasus TBC di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota yang dilakukan secara bersamaan, dengan target 1 juta orang akan diskrining. Investigasi kontak ini akan membantu lebih banyak individu yang berisiko (seperti mereka yang bekerja dekat dengan pasien TBC) agar dapat menjalani penapisan dan dirujuk untuk perawatan jika tertular TBC. Kampanye ini adalah contoh lain dari dalam dan luasnya kemitraan AS-Indonesia dalam mengeliminasi TBC.

Duta Besar AS untuk Indonesia mengatakan TBC masih menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. 20 tahun Amerika Serikat dan Indonesia menggabungkan kekuatan untuk memerangi TBC. "Dan kami bangga bahwa kerjasama ini telah memberikan manfaat bagi 700 ribu orang yang terkena TBC," katanya sambil menambahkan tahun ini dirayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Dubes AS untuk Indonesia memiliki harapan untuk masa depan Indonesia bebas TBC tahun 2030, dan masa depan yang sejahtera serta sehat bagi kedua negara. TBC bisa diobati, sampai kapanpun yang mengalami batuk lama harus berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Pengobatan TBC gratis dibawah Jaminan Kesehatan Nasional.

Di Indonesia, Pemerintah AS melalui USAID menjadi yang terdepan dalam perang melawan TBC melalui berbagai program dan kemitraan selama dua dekade. "Melalui pendekatan baru, Global Accelerator to End TB, kami bermitra untuk menggabungkan kekuatan investasi, komitmen bersama dan solusi lokal untuk semakin menurunkan beban TBC di Indonesia," kata Direktur USAID Erin E McKee.(Tha)