Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Senin, 11 Maret 2019 / 06:10 WIB

Pembangunan Kampus UNY di Semanu Bakal Dimulai Akhir 2019

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Rencana pembangunan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul akan selesai  pada akhir tahun  2019 mendatang. Dengan dibangunnya perguruan tinggi negeri ini diharapkan nantinya  warga mengakses pendidikan dan bardampak untuk menghidupkan roda perekonomian di sekitar lokasi kampus. 

"Saat ini tanah seluas 5 hektare sudah dibebaskan dan tahun ini diharapkan pembangunannya selesai dilakukan " kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rosyid MM, Minggu (10/3/2019) malam.

Proses pengerjaan sarana fisik yang berkaitan dengan pergedungan akan dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi dari UNY maupun Pemkab Gunungkidul. Sedangkan lokasinya berada di kawasan Desa Pacarejo yakni pintu masuk dari sebelah timur sekitar wisata Watu Giring ke arah barat.  

Pemkab  Gunungkidul sangat mendukung dengan dibangunnya Universitas Negeri di Gunungkidul karena  minat pelajar dan masyarakat cukup tinggi. Disamping itu saat ini jenjang pendidikan khususnya untuk sekolah negeri baru sampai tingkat sekolah lanjutan atas. Hal ini tentunya berdampak pada kualitas baik dalam pengetahuan maupun lainnya masih belum begitu maksimal. 

"Peluang besar  untuk dapat menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi ini agar dapat dimanfaatkan diantaranya setelah Gunungkidul memiliki sebuah perguruan tinggi," imbuhnya

Adapun dari pembahasan awal gedung UNY yang akan dibangun ini akan menyediakan beberapa jurusan pendidikan yang mengarah ada peningkatan kualitas keahlian mahasiswa atau peserta didiknya. Diantaranya seperti teknik, pariwisata dan beberapa  jurudan lainnya mengingat Gunungkidul saat ini tengah booming pariwisata kemudian kota Yogyakarta  juga terus digenjot dalam bidang pariwisata maupun budaya.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah S Sos  mengungkapkan  dengan dibangunnya kampus  UNY di Gunungkidul dapat mengurangi biaya pendidikan dan transportasi masyarakat  dalam menyekolahkan anak-anak mereka. Selain itu, kualitas sumberdaya manusia di Gunungkidul diharapkan akan  jauh lebih meningkat dan pemberdayaan masyarakatnya semakin dapat dirasakan. Jika di Kabupaten ini masih banyak anak anak yang putus sekolah harus ada terobosan yang menjanjikan dan memajukan kembali dibidang pendidikan.

"Kita berharab bidang pendidikan akan semakin maju," terangnya.(Bmp)