DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 09 Maret 2019 / 12:39 WIB

Bulog Divre DIY Pastikan Stok Beras Aman

YOGYA, KRJOGJA.com - Perum Bulog Divre DIY, Kedu dan Banyumas benar-benar memastikan ketersediaan stok beras baik di hulu maupun di hilir guna mengantisipasi munculnya gejolak harga maupun inflasi musiman atau siluman tahun ini. Bulog memastikan ketersediaan stok beras dari sisi hulu melalui pengadaan baik beras medium maupun komersil, sedangkan dari sisi hilir penyalurannya untuk pemenuhan pasar maupun kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) sepanjang tahun.

“Penyediaan stok beras di hulu rata-rata sudah cukup, sedangkan di hilir dilakukan kegiatan KPSH dan penjualan komersil. Bulog sekarang tidak hanya menyerap dan mendistribusikan beras medium saja, tetapi juga beras komersil, gula pasir, minyak goreng, daging beku dan lain-lain,” tutur Kepala Perum Bulog Divre DIY, Kedu dan Banyumas Rini Andrida.

Rini bahkan sudah menyiapkan antisipasi dan ketersediaan stok bahan pangan pokok jelang bulan puasa dan Lebaran di DIY 2019 ini. Perum Bulog Divre DIY, Kedu dan Banyumas sudah berkoordinasi dengan lembaga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan institusi terkait lainnya. Termasuk koordinasi dengan BUMN lainnya yang biasanya menggulirkan program paketpaket sembako dan pasar murah jelang Lebaran.

“Kita petakan kebutuhan mereka dan konfirmasi sehingga didapatkan penambahan pasokan bahan pangan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi bulan puasa hingga Lebaran tahun ini. Untuk pasokan beras di DIY cukup, sedangkan gula pasir dan daging beku akan ditingkatkan,” imbuh Rini. (Ira)