Ragam Editor : Agung Purwandono Sabtu, 09 Maret 2019 / 06:06 WIB

Om Hao Kisah Tanah Jawa Pernah Kesurupan

BANTUL, KRJOGJA.com - Kejadian kesurupan seringkali terdengar di telinga orang Indonesia sebagai hal mistis. Ciri-ciri dari orang yang mengalami kesurupan biasanya berteriak kencang dan mengeluarkan kata-kata tidak dapat dimengerti. Hal tersebut karena tubuh manusia sudah di kuasi oleh roh jahat di dalamnya.

Menurut Om Hao,  salah satu penggagas Kisah Tanah Jawa ia pernah mengalami hal tersebut. Om Hao menjelaskan kesurupan yang terjadi kepada dirinya karena lepas pandangan. Separuh tubuhnya dikuasi oleh roh jahat yang ingin berinteraksi.

"Karena saya tidak mau suruh tubuh dikuasi roh jahat itu, saya sudah me-password tubuh saya agar tidak jebol," tutur Om Hao pada Kamis, (07/03/19) di acara Patjarmerah.

Password tersebut dinamakan mediumisasi yang ia miliki selama ini. Menurutnya kemampuan tersebut dapat melepas roh jahat yang ada pada butuh.

Lain halnya dengan kesurupan yang terjadi pada anak sekolah. Tidak sedikit roh jahat menggunakan anak-anak dan orang yang suka melamun. Hal itu dengan mudah roh jahat dapat masuk ke tubuh. Ia melanjutkan, kesarupkan dapat terjadi secara tidak sengaja. 

"Jangan sering melamun, kalau merasa pusing banyakin minum air putih aja ya," pungkasnya. ( Ive)