Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 08 Maret 2019 / 17:32 WIB

Polres Cilacap Grebek Pabrik Jamu Palsu

CILACAP, KRJOGJA.com - Berbagai produk jamu dan bahan bakunya yang diduga palsu diamankan bersama pemilik pabrik jamu Sug (42) warga JI Jeruk Manis RT05 RW01 Desa Kedawung Kecamatan Kroya, Cilacap. Sedang sejumlah pekerjanya dijadikan saksi untuk proses lanjut.

Sejumlah jamu yang diduga palsu itu diantara, jamu kopi cleng, jamu Xian Ling, Jamu Miramax, Reximal, Lasmi, Okura, Grenk, Urat Kuda, Africa Blank Ant, Gali-Gali, Tawon Liar, Cobra, Tiger-X dan Greng Joss. "Memang jamu ini terdiri dari berbagai merk, tetapi bahan bakunya sama serbuk jahe ditambah cabai Jawa dicampur zat kimia terlarang," ujar Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, Jumat (08/03/2019).

Kepada petugas tersangka Sug membenarkan jika jamu yang diproduksinya berbahan baku sama. Kemudian untuk jamu penambah stamina dicampur obat kuat yang beredar dipasaran, yang dibeli dengan cara online. "Pabrik beroperasi sudah satu tahun dengan omset per bulan senilai Rp 500 juta," tuturnya. Selama ini jamu palsu dengan berbagai merk itu dipasarkan di luar Jawa. 

Menurut kapolres, awalnya ada laporan dari masyarakat jika di Kecamatan Kroya terdapat sebuah pabrik yang diduga memproduksi jamu palsu. Sehingga segera dilakukan penyelidikan, karena ditemukan bukti pembuatan jamu palsu sehingga dilakukan penggerebekan. "Pemilik pabrik langsung kami amankan, pekerjanya kami jadikan saksi," lanjut Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 196 jo pasal 98 jo 2 dam ayat 3 sub pasal 197 jo pasal 106 ayat 1 Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. (Otu)