Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 08 Maret 2019 / 16:40 WIB

Menteri Bantah ada Homoseksual di Malaysia

KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, Datuk Mohamaddin Ketapi memicu kontroversi di Jerman setelah dia membuat pernyataan mengenai homoseksualitas.

Menjawab pertanyaan dari wartawan di Pameran Perjalanan ITB di Berlin mengenai keamanan wisatawan gay di Malaysia, Mohamaddin menyatakan bahwa di Malaysia tidak ada homoseksual dan tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut.

“Homoseksualitas? Saya pikir tidak ada hal seperti itu di negara kami. Jadi saya tidak bisa menjawab apakah aman atau tidak,” ujarnya sebagaimana dilansir The Star.

Komentar kontroversial itu dikutip media Jerman dan menjadi bahan pembicaraan dan kritik di Malaysia.

Kementerian Pariwisata pada Kamis memberikan klarifikasi mengenai komentar Mohamaddin dengan sebuah pernyataan resmi. Kementerian mengatakan, Mohamadding bermaksud menjelaskan bahwa tidak ada wisata yang berfokus pada kaum Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender dan Queer (LGBTQ) di Malaysia, tetapi memastikan bahwa wisatawan dengan kecenderungan tersebut aman untuk berkunjung.

"Sebagai tujuan wisata utama di Asia, Malaysia tidak pernah dan tidak akan melakukan apa pun untuk menghentikan para tamu berdasarkan orientasi seksual, agama, dan kepercayaan budaya mereka," jelas kementerian itu dalam pernyataannya.

Kementerian juga kembali menegaskan bahwa Malaysia tidak memiliki rencana untuk mengadakan kampanye seperti itu di masa depan dan bahwa negara itu memiliki sikap sendiri tentang berbagai masalah global, termasuk masalah LGBTQ, dan bahwa undang-undangnya harus dihormati. (*)