Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 06 Maret 2019 / 21:41 WIB

Pusbangnis UNS Disulap jadi Ngopi Mahasiswa

SOLO, KRJOGJA.com - Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbangnis) Universitas Sebelas Maret (UNS) di jalan Slamet Riyadi Solo disulap menjadi tempat usaha modern bagi mahasiswa. Sejumlah mahasiswa yang telah menekuni wirausaha difasilitasi pertokoan agar mudah bertemu dengan konsumennya.

Selain untuk menjajakan aneka produk mahasiswa, Pusbangnis juga didesain menjadi Teaching Factory dan Mini Factory. Karena di situ menjadi tempat pembuatan baterai litium yang menjadi riset andalan UNS dan masih ada hasil riset doaen yang sudah dipasarkan seperti pewarna alami.

"Untuk menjadi teaching factory di gedung ini sudah dilengkapi ruang sidang dan penginapan," jelas Prof Dr Widodo Muktiyo MCom, wakil rektor 4 didampingi kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Dr Ir Eddy Tri Haryanto MP saat melaunching, Rabu (06/03/2019) sore.

Kedepan Pusbangnis dijadikan tempat nongkrong yang nyaman. Selain ada kuliner nasi rawon, juga tempat ngopi yang nyaman. "Kami tinggal melengkapi fasilitas wifi agar anak-anak muda betah nongkrong di sini," tutur Eddy.

Para pengusaha muda yang menempati kawasan Pusbangnis adalah contoh mahasiswa dan sarjana yang tidak mencari kerja. Sebaliknya mereka justru mampu membuka peluang kerja bagi orang lain. (Qom)