DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 06 Maret 2019 / 14:30 WIB

Ribuan Umat Hindu Ikuti Tawur Agung di Prambanan

YOGYA, KRJOGJA.com - Ribuan umat Hindu mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga di Kompleks Candi Prambanan, Rabu (06/03/19). Upacara tahun Saka 1941 ini turut dihadiri Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

Menag berharap momentum perayaan Nyepi tahun ini mampu membawa kesejukan dan suasana damai menjelang pelaksanaan Pilpres 2019. "Saya ucapkan terimakasih kepada umat hindu malalui refleksi yang mendalam, peka dengan segala sesuatu di tahun politik ini," katanya.

Sejalan dengan perspektif Kementerian Agama, memperkokoh kebersamaan umat beragama adalah hal yang penting agar tidak ada lagi perpecahan. Tema sentral untuk menyukseskan tahun politik 2019 juga mengandung pesan agar masyarakat Indonesia tidak lelah menjaga kerukunan.

Sementata Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen Purn Wisnu Bawa Tanaya mengatakan ditahun politik dirinya mengajak kepada semua kalangan untuk memiliki cita cita baik bagi diri sendiri atau bagi organisasi tanpa melupakan cita cita berbangsa dan negara untuk merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.

Bagi Widiyati asal Klaten yang juga ikut menghadiri prosesi upacara, suhu politik saat ini sudah berada di titik panas. Tapi bagi dirinya sebagai umat hindu akan mendoakan yang terbaik bagi negara. Widiyati juga tidak mempermasalahkan siapa presiden yang akan memimpin negara Indonesia. " Saya sebagai umat hindu akan mendukung siapapun nanti presidennya," katanya kepada krjogja.com. (ive)