DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 05 Maret 2019 / 20:40 WIB

Puting Beliung Terbangkan Ribuan Genteng Rumah di Prambanan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Wilayah Prambanan Sleman diguyur hujan disertai angin puting beliung Selasa (5/3/2019) sore pukul 16.30 WIB. Akibatnya, ribuan genteng rumah warga di Dusun Totogan Madurejo berterbangan dan beberapa pohon tumbang. 

Dari data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY paling tidak ada 16 rumah yang terdampak puting beliung. Kerusakan rata-rata didominasi atap dan genteng yang berterbangan disapu angin puting beliung tersebut. 

Di RT 05 Madurejo tercatat 12 rumah terdampak di mana atap berupa genteng dan seng juga wuwung terangkat tertiup angin dengan total 2600 genteng. Sementara di RT 06, tercatat 4 rumah terdampak termasuk milik Kepala Dukuh, Sukiman dengan total 850 genteng. 

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan kerusakan rumah warga memang terjadi akibat angin puting beliung yang menerjang sore hari tadi. “Ada 16 rumah warga terdampak, ada juga pohon yang membahayakan pengguna jalan lalu dievakuasi sudah clear tadi,” ungkapnya. 

Proses perbaikan genteng yang rusak sendiri nantinya bakal dilaksanakan masyarakat bersama relawan lintas instansi termasuk TRC BPBD Sleman dan DIY juga Kepolisian. (Fxh)