DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 05 Maret 2019 / 23:10 WIB

Atraksi Bersih Desa di Malioboro, Ingatkan Bahwa Budaya Harus Dilestarikan

YOGYA, KRJOGJA.com - Hamzah Batik Peringati hari ulang tahun yang ke 40 tahun dengan cara unik. Para karyawan melakukan kegiatan untuk memeriahkan hari spesial ini dengan pertunjukan tari bersih desa lewat atraksi.

Dihadapan para penonton, aksi bersih desa cukup menyita perhatian pengunjung. Atraksi yang mereka lakukan memiliki makna tenang adat orang jawa.

Menurut Roy Hendrawan salah seorang karyawan Hamzah Batik, tradisi tersebut merupakan pesta bersama warga desa, untuk merayakan hasil bumi setelah panen raya.

"Setelah panen raya warga berpesta ria sebagai wujud syukur. Habis pesta mereka nyampu barsama di desa mereka, nyapuin yang kotor untuk dibersihkan. Nanti ada harimau itu pertanda ada hal jelek. Untuk membersihkanya datanglah para penari mengusir harimaunya," kata Roy kepada KRJOGJA.com Selasa (05/03/2019).

Tarian yang dipersembahkan seperti tarian jaranan, sapu, api, dan juga tumpengan. Hal ini dimaksudkan agar keadaan kampung atau desa nampak bersih. Kegiatan pembersihan ini dilakukan secara bersama-sama. Atraksi bersih desa tersebut merupakan warisan adat istiadat. 

Sebagian bangsa Indonesia, seyogyanya budaya dipertahankan dan dilestarikan agar tidak musnah. Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai leluhur. "Sebenarnya dengan atraksi ini kami juga mengajak masyarakat disini untuk tidak melupakan bahwa banyak sekali budaya asli Indonesia yang perlu dilestarikan," kata Ardit pemeran jaranan pada aksi bersih desa.

Kehidupan yang selaras ini mampu menguatkan jiwa spiritual. Karena masyarakat jawa memang hidup di tengah berbagai simbolisme, sebagai wujud spiritual. Kepercayaan terhadap sesuatu 'diluar nalar' manusia inilah yang memunculkan simbol-simbol yang mampu menjaga relasi hubungan dengan alam. Salah satunya adalah ritual bersih desa. 

Beberapa rangkaian acara harus yang direncanakan ada yang ditunda karena faktor cuaca yang tidak mendukung. Meski demikian pihak Hamzah Batik sangat gembira melihat antusiasme penonon yang masih mengikui rangkaian acara meski diguyur hujan lebat.(Ive)