Olahraga Editor : Danar Widiyanto Selasa, 05 Maret 2019 / 22:10 WIB

Persija Gunduli Borneo FC 5-0

SLEMAN, KRJOGJA.com - Tim Macan Kemayoran Persija Jakarta menggunduli Borneo FC di laga grup D Piala Presiden Selasa (5/3/2019) malam. Tampil full team meski tanpa Simic, Persija tampil dominan dan menang dengan skor telak 5-0. 

Novri Setiawan mencetak brace dalam laga tersebut. Dua golnya masing-masing pada menit 14 dan 23 tercipta dari skema apik open play yang diperagakan barisan depan Bruno Matos dan Riko Simanjuntak mampu dituntaskan apik Novri. Sementara tiga gol lainnya diciptakan Bruno Matos menit 19, Ramdani Lestaluhu menit 50 dan pemain pengganti Hery Susilo menit ke-88. 

Secara permainan, kedua tim tampak berbeda dari segi kesiapan secara keseluruhan. Meski sebenarnya, Borneo juga cukup lama mempersiapkan diri termasuk saat menghadapi Piala Indonesia kontra PSS beberapa waktu lalu. 

Namun begitu, tampaknya Persija yang mayoritas dihuni skuad lama mampu tampil apik dan padu. Jarak antar lini terjaga rapi dan masing-masing pemain mengerti apa tugas yang harus dijalankan di lapangan. 

Di sisi lain, skuad Borneo tampak sedikit canggung dengan menumpuk tiga gelandang bertipikal menyerang di tengah. Asri Akbar, Wahyudi Hamisi dan Finky Pasamba yang banyak berkumpul dintengah tampak kurang kreatif dan membuat Renan Silva tak bisa leluasa mengolah bola kedepan. 

Borneo yang terlihat cenderung bertahan pun seolah jadi sasaran empuk Persija yang kali ini memang harus diakui bermain lebih kreatif. Kombinasi kaki ke kaki bahkan diselingi longpass yang dilayangkan Ryuji Utomo kerap menemukan Riko, Novri atau Dany Saputra di flank yang mengawali situasi berbahaya. 

Pelatih Fabio Lopez sedikit lambat mengubah permainan meski tertinggal tiga gol di paruh pertama. Barulah Ichsan Kurniawan, Sultan Samma dan Terens Puhiri dimasukkan di pertengahan babak kedua untuk menekan Persija yang saat itu sudah unggul 4-0. 

Fabio sendiri mengamini bahwa timnya berada di kondisi tak tidak baik setelah Persija mampu mencetak dua gol cepat di awal babak pertama. “Dua gol cepat itu membunuh kami, dan ternyata 16 menit pertama itu tak bisa membuat kami bangkit dan mengubah situasi. Hasil akhirnya ya 5-0,” ungkapnya. 

Sementara Ivan Kolev mengatakan timnya bermain sangat rapi dan apik di laga melawan Borneo hingga mencipta lima gol tanpa balas. “Semua bermain baik malam ini dan menunjukkan kualitas yang sebenarnya. Taktik, disiplin dan organisasi yang kita latih diterapkan dengan baik malam ini,” ungkap Kolev. 

Saat ini Persija praktis bercokol di puncak klasemen grup D unggul selisih gol dari Madura United di posisi kedua. Sementara PSS di peringkat ketiga diikuti Borneo FC di dasar klasemen. (Fxh)