Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 06 Maret 2019 / 01:30 WIB

Bersih-Bersih Pantai Cilacap, Menteri LHK 'Turun Gunung'

CILACAP, KRJOGJA.com - Sedikitnya 1.800 orang terdiri dari karyawan serta rekanan Pertamina Refenery Unit (RU) IV dan warga Kota Cilacap melakukan bersih-bersih pantai Teluk Penyu, tepatnya dari sekitar Benteng Pendem hingga Obyek Wisata Pantai TelukPenyu, Selasa (05/03/2019). Kegiatan bersih-bersih pantai itu dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Sebelum melakukan bersih - bersih pantai, ribuan karyawan dan karyawan rekanan Pertamina mengikuti senam APD atau senam dengan menggenakan alat pelindung diri (APD) tumbler dan sedotan besi. Karena banyaknya pekerja yang dilibatkan dalam kegiatan itu sehingga memecahkan Rekor MURI atas Senam Berbusana APD Peserta Terbanyak. "Ini rekor baru, karena sebelumnya belum pernah ada," ujar Eksekutif Manager MURI Tri Widayati. 

Sedang Unit Manager Communication, Relations dan CSR Refinery Unit IV Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan, sebenarnya kegiatan itu merupakan upaya Pertamina untuk mengajak para pekerja, mitra kerja, dan masyarakat umum mengenai pentingnya keselamatan diri terutama dalam bekerja. "Keselamatan diri dalam bekerja diawali dengan kondisi yang sehat dan bugas untuk mulai bekerja atau disebut 'fit to work'. Dengan adanya kegiatan ini yang dilakukan secara massal, bisa menjadi ajakan yang menarik sehingga bisa saling mengingatkan satu sama lain," katanya. 

Menurutnya, pada kesempatan tersebut para peserta juga dikenalkan untuk memanfaatkankan tumblr dan sedotan stainless dalam keseharian mereka. "Kita tahu penggunaan tumblr dan sedotan stainless dapat mengurangi penggunaan plastik yang berulang. Tentunya ini sangat membantu mengurangi sampah plastik yang tidak dapat terurai," tambahnya. 

Dijelaskan, dengan kampanye itu diharapkan tidak terhenti sampai pada para peserta saja. Namun juga bisa disebarluaskan ke keluarga, kerabat, dan masyarakat yang lebih luas.(Otu)