Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 05 Maret 2019 / 15:41 WIB

Rel Ganda Stasiun KA Palur-Kedungbanteng Resmi Dioperasikan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Lintasan kereta api rel ganda Stasiun Palur, Karanganyar sampai Stasiun Kedungbanteng, Sragen, resmi dioperasikan, Selasa (5/3). Hanya saja, kecepatan KA dibatasi saat melewati enam stasiun selama masa penyempurnaan.

“Ada beberapa titik yang perlu penyempurnaan, meski pada prinsipnya, rel ganda sudah bisa difungsikan. Seperti perlistrikan dan menambah ketinggian lapisan 'ballast'. Ada 21 titik di enam stasiun sedang dikerjakan untuk itu. Tiap titik sekitar 75-100 orang pekerja. Totalnya 2.000 pekerja,” kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zamrides kepada wartawan di Stasiun Kemiri, Kebakkramat.

Selama masa penyempurnaan, kecepatan KA mendekati stasiun dibatasi hingga 20 KM/jam. Sebagai pembanding, kecepatan normal 80 km/jam. "Dua sampai tiga hari ke depan akan normal,” imbuhnya.

Pada masa penyempurnaan, dikonsentrasi pada pemasangan konstruksi rel kereta api (wesel) baru di jalur utama. Di rute 34 kilometer, kegiatan itu rampung meliputi Stasiun Palur-Kedungbanteng dan 21 <I>side over<P>. 

Zamrides mengatakan, jalur ganda tersebut telah dikerjakan sejak Mei tahun 2017. Pada hari yang sama juga dioperasikan jalur ganda KA Stasiun Purwokerto-Kroya sepanjang 27 kilometer. Dengan beroperasinya jalur ganda dan beberapa stasiun baru, maka mendukung dioperasikannya KA komuter seperti Prambanan Ekspres (Prameks).

Sementara itu, operasional rel ganda dari Stasiun Solo Jebres sampai Stasiun Palur sepanjang 8 KM menunggu pengerjaanbnya di jembatan Bengawan Solo. Ia menarget selesai pada April. (Lim)