Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 05 Maret 2019 / 08:23 WIB

Suka Gosok Gigi Buru-Buru, Ini Bahayanya

Mobilitas yang tinggi membuat anak milenial sering melakukan berbagai hal serba cepat. Tak jarang, mereka menyingkat waktunya untuk menggosok gigi.

Menurut Callista Argentina Wulansari, SKG, Grg, CHt, idealnya, menggosok gigi yang baik adalah selama dua menit. Satu menit untuk deretan gigi bawah, dan satu menit lainnya untuk dereta gigi atas. Jika terburu-buru melakukannya, kotoran dalam gigi tidak semuanya terangkat, sehingga memunculkan risiko penyakit, salah satunya gigi sensitif.

"Jadi dengan sikat gigi yang buru-buru, enggak sampai dua menit, akan terjadi penurunan gusi yang bikin gigi ngilu. Kalau didiamkan akan bertambah parah," ujarnya saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Untuk mengatasi permasalahan gigi ngilu, Callista memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan anak milenial:

1. Mengidentifikasi penyebab gigi sensitif

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi hal yang menyebabkan gigi sensitif. Apakah gigi Anda memang sensitif, adanya lubang gigi, atau ada penumpukan karang? Menurut Callista, ciri-ciri gigi sensitif adalah merasakan nyeri yang pendek tapi tajam. Jika rasa ngilu pada gigi Anda terasa lebih lama dan terus-menerus, bisa jadi itu gejala penyakit lain. Segeralah periksakan ke dokter.

2. Hindari kebiasaann yang memperparah gigi sensitif

Kurangi kebiasaan yang menimbulkan rasa ngilu pada gigi Anda. Jika selama ini Anda senang menggigit es batu, mulai sekarang Anda harus menghentikannya.

"Jika habis minum minuman yang asam, jangan langsung sikat gigi. Karena saat terkena minuman asam, permukaan gigi akan melunak. Jadi tunggu 30-60 menit supaya mineral tidak terbuang," jelas Callista.

3. Menyikat gigi secara benar

Jangan terburu-buru menggosok gigi dan lakukan dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Lakukan sikat gigi selama dua menit untuk memastikan kotoran terangkat lebih maksimal.

4. Pakai produk pasta gigi yang tepat

Ada banyak produk pasta gigi yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan. Maka, jika Anda mengalami gigi sensitif, pakailah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Jika Anda bukan perokok, sebaiknya kurangi menggunakan pasta gigi yang memiliki scrub.

"Odol kalau dipegang kan seperti ada pasirnya. Kalau gigi Anda sensitif dan pakai pasta gigi itu, bisa membuatnya lebih parah," ujar Callista.

5. Ganti sikat gigi tiga bulan sekali

Rutinlah mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali. Usahakan juga memilih sikat gigi yang bulunya lembut. (*)