Peristiwa Editor : Ivan Aditya Senin, 04 Maret 2019 / 14:35 WIB

Al dan Dul Akan Lapor Komnas HAM

JAKARTA, KRJOGJA.com - Dua putra Ahmad Dhani, Ahmad Al-Ghazali Kohler dan Abdul Qodir Jaelani bersama keluarganya dijadwalkan mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta, Senin (04/03/2019).

"Iya hari ini dia (keluarga Dhani) mau ke Komnas HAM, sama keluarganya yang di Jakarta, sama orang tuanya Dhani juga," kata salah satu kuasa hukum Dhani, Zahid.

Kedatangan Al dan Dul, sapaan akrabnya, disebut bakal mengadukan indikasi dugaan pelanggaran HAM yang dialami musikus Dewa 19 tersebut, dalam kasus hukum yang kini menjeratnya. Hal itu kata Zahid, adalah perkara penahanan 30 hari Dhani yang seharusnya habis pada Sabtu (02/03/2019) kemarin.

Namun, tiba-tiba muncul putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta, perpanjangan hingga 60 hari ke depan. "Seharusnya mas Dhani itu keluar 2 Maret masa penahanannya kan habis ya, tapi tahu-tahu PT DKI ada perpanjangan, selama 60 hari kedepan," katanya.

Menurutnya perpanjangan penahanan itu juga cacat prosedur lantaran kliennya, kata Zahid juga menolak untuk menandatangani surat perpanjangan. "Sedangkan Mas Dhani itu ndak pernah tanda tangan dan ndak pernah nerima surat perpanjangan itu. Secara prosedural kan harus ditandatangani, disetujuin, dan menerima surat perpanjangan tersebut," katanya.

Ditambah lagi, Zahid mengaku pihaknya juga tak mengetahui secara pasti apa alasan penahanan Dhani itu diperpanjang hingga 60 hari ke depan. Selama penahanan Dhani,30 hari lalu, kata dia, pengadilan beralasan akan menggunakan waktu itu untuk pemeriksaan berkas banding yang diajukan pihaknya. Namun hungga kini, berkas tersebut diketahui tak kunjung diperiksa. (*)