DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 04 Maret 2019 / 04:30 WIB

Perlu Dorongan, Pemuda Menjadi Motor Penggerak Kemajuan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Acara pengukuhan pengurus organisasi kepemudaan Padukuhan Jetis, Sinduadi Mlati Sleman dimeriahkan kesenian Jatilan 'Kudho Praneso' Gamping Tengah di padukuhan setempat, Minggu (3/3/2019). Pengukuhan ditandai pemotongan tumpeng dan doa bersama disaksikan ratusan warga.

Ketua Pemuda Padukuhan Jetis, Ardi Muhammad Irfan mengatakan, masa kerja kepengurusan baru untuk periode 2019-2023. Melalui organisasi kepemudaan, Ardi bertekad menjadikan para pemuda-pemudi memiliki wawasan luas, intelektual yang tinggi sekaligus memegang teguh prinsip.

"Saya ingin pemuda berperan aktif dalam memajukan dusun lewat program-program kerja yang kreatif dan inovatif. Dengan demikian dampak positifnya bisa dirasakan masyarakat luas," terang Ardi kepada KRJOGJA.com disela pelantikan. Kegiatan pelantikan dan pertunjukan kesenian jatilan didukung oleh Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sleman, Subandi Kusuma SH MH.

Subandi yang sekaligus pembina organisasi kepemudaan Padukuhan Jetis berharap pemuda lebih aktif menjadi motor penggerak dalam memajukan dusun terutama meningkatkan perekonomian warga. Adanya dana desa memberi peluang pemuda untuk mengambil inisiatif mengusulkan program-program kerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga. "Banyak hal positif yang bisa dilakukan pemuda yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Terkait pertunjukan jatilan, menurut Subandi, kesenian menjadi sarana yang sangat efektif untuk merangkul seluruh pemuda agar kompak, sehingga potensi yang ada bisa dioptimalkan. Selain itu petunjukan jatilan menjadi wahana rekreasi bagi masyarakat. "Saya dukung para pemuda mengembangkan kesenian seperti jatilan, macapat atau karawitan, yang bisa menjadi keunggulan dari Pedukuhan Jetis ini dan mendukung sektor pariwisata," katanya. (Dev)