Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Senin, 04 Maret 2019 / 07:50 WIB

Selain Cantik, Burung Macaw Ternyata Pintar

BURUNG MACAW sanggup menarik perhatian pengunjung, burung yang memiliki bulu dan warna yang cerah ini adalah macaw jenis blue and gold. Selain warna bulu yang indah, macaw yang merupakan kategori burung paruh bengkok (Parbeng) banyak diminati oleh kalangan pecinta burung karena memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

"Sebenarnya, semua jenis burung paruh bengkok itu cerdas, jadi pas kita terbangin jauh dibanyak orang dia bisa ngenalin pemiliknya, dia sangat peka," kata Tri Wahyu pemilik macaw, Minggu (03/03/19).

Selain dikenal dari keindahan warnanya, macaw termasuk kategori burung terbang bebas (free fly). Tri juga mengatakan macaw bukan burung murah karena harganya yang termasuk cukup mahal. Meskipun demikian, para pecinta macaw tidak khawatir burungnya hilang saat diterbangkan. 

"Resiko punya burung terbang bebaskan kemungkinan bisa hilang, tapi bagi para pecinta burung ini, itu malah jadi tantangan," kata Tri kepada KRJOGJA.com.

Sehari mengikuti rangkaian pameran, burung macaw milik Tri sudah banyak yang menawarkan untuk dijual. Sementara itu, Tri enggan untuk membuka tawaran meskipun itu dengan harga tinggi. Karena burung macaw bagi Tri sudah seperti anak yang dapat menemani kesehariannya selama dirumah. 

"Sejak baby sudah sama saya, sudah dilatih, diajarin terbang, sayang aja kalau dijual," kata Tri.

Tri juga mengatakan, sudah ada penelitian yang mengemukakan tentang kecerdasan dari burung macaw. Kecerdasan tinggi yang dimiliki oleh burung berbulu indah itu karena volume otak yang dimiliki lebih besar dibandingkan burung pada umumnya. "Kalau pemiliknya rajin ngelatih, macaw juga dapat dilatih berbicara layaknya burung beo, dasarnya dia memang burung yang bisa ngomong," pungkas Tri. 

Pameran Indonesia Bird Con (IBC) 2019 digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada 1-3 Maret 2019. Event yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo dan Finchers Yogyakarta ini menyajikan konsep eksibisi, investasi, advokasi, edukasi dan rekreasi dalam ragam program menarik selama pameran IBC berlangsung. 

Selain itu di pameran ini, para pengunjung bisa berinteraksi dengan burung-burung secara langsung, bahkan bisa membelinya. Acara yang berlangsung hingga tengah malam juga menghadirkan lomba bagi para kicau mania. (Evi Nur Afiah)