Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Minggu, 03 Maret 2019 / 19:30 WIB

Jogjakarta Cat Camphionship 2019, Cat Lovers Belajar Bareng Rawat Kucing di JCM


RATUSAN pecinta kucing (cat lovers) dari berbagai daerah di DIY dan sekitarnya berkumpul di atrium Jogja City Mall (JCM) Minggu (3/3/2019) siang. Selain mengikuti ajang perlombaan catshow, para pecinta baik pemilik, peternak dan penghobi belajar merawat kucing kesayangan bersama drh Neno Waluyo Sukelan yang juga ahli di bidangnya. 

drh Neno mengatakan untuk merawat kucing RAS seperti Persia memang membutuhkan treatment khusus yang harus dipahami oleh pemiliknya. Dalam ajang Jogjakarta Cat Camphionship 2019 kali ini, ia bersama Royal Canin dan Naroopet Petshop berkomitmen memberikan pemahaman lebih menyeluruh untuk merawat kucing dari berbagai jenis. 

“Ada sesi sharing yang kami lakukan di mana tadi para pemilik kucing menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Menarik sekali karena ternyata begitu antusias mereka dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kucing peliharaannya,” ungkapnya di sela acara. 

Selama ini menurut drh Neno banyak pecinta kucing yang sering keliru dalam memelihara kucing lantaran belum dibarengi dengan kesadaran berkonsultasi dengan dokter hewan. Menurut dia, untuk pemeliharaan dan pencegahan terhadap penyakit, pemilik kucing lebih banyak mengandalkan saran dan pengetahuan kawan atau sahabat maupun orang terdekat yang bukan ahli. 

“Kondisi ini membuat seringkali saran yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi kucingnya. Ketika ada kesempatan tatap muka seperti ini maka harapannya kesadaran itu semakin terbuka dan hobi memelihara kucing bukan hanya tren namun esensi merawat hewannya dapat,” ungkapnya lagi. 

Royal Canin sendiri terus berupaya menciptakan nilai di ekosistem dengan membentuk kepercayaan bersama pemilik petshop, dokter hewan, cattery, institusi, asosiasi anjing dan kucing, seperti Jogja Cat Lover dan tentu saja pemilik dan hewan kesayangannya. Untuk menambah nilai di ekosistem, Royal Canin Indonesia bermitra denga Naroopet pet shop dan PDHB Naroopet Yogyakarta terus bertekad melakukan edukasi menyeluruh. 

Ketua Panitia, Ata Lestian menambahkan di Jogjakarta Cat Camphionship 2019 ini total 150 kucing ikut serta. Penyelenggara mempertandingkan banyak nomor kontes sesuai jenis dan RAS kucing. Menurut dia, animo cat lovers di DIY dan sekitarnya sangat besar untuk mengikuti perlombaan tersebut. 

“Kami sampai menolak peserta karena keterbatasan tempat, akhirnya total kami ambil 150 peserta. Kami tujuannya bukan hanya ingin menunjukkan koleksi luar biasa kucing-kucing mahal saja tapi juga mengedukasi masyarakat agar peduli pada kucing dan tahu bagaimana merawat khususnya dengan pakan,” tandasnya. (Fxh)